Sambangi Rabithah Alawiyah, Habib Aboebakar : Kapolri Listyo sangat Jeli

Fabiola Febrinastri
Sambangi Rabithah Alawiyah, Habib Aboebakar : Kapolri Listyo sangat Jeli
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyi. (Dok : DPR)

Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah.

Suara.com - Silaturahmi Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ke sejumlah ormas Islam dilakukan sehari pasca dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Rabu (27/1/2021). Ia sowan ke kantor PB NU dilanjutkan ke PP Muhammadiyah, sampai menyambangi markas Rabithah Alawiyah baru-baru ini.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsyi melalui keterangan tertulisnya, Minggu (31/1/2021) menyatakan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit sangat jeli, setelah silaturahmi ke NU dan Muhammadiyah, dia juga bersilaturahmi ke Rabithah Alawiyah.

"Dia (Listyo Sigit) bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologi masyarakat Indonesia. Memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya adalah langkah yang cukup taktis," kata Habib Aboebakar, sapaan anggota Komisi III DPR RI itu.

Dijelaskan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu bahwa Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah, sehingga banyak yang dihormati oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan Kapolri sangat paham tokoh-tokoh yang menjadi kunci.

Baca Juga: Covid-19 Terus Melonjak, DPR: Pemerintah Harus Tegas Larang Warga Keluyuran

"Pesan yang disampaikan pun tepat, yaitu meminta agar Rabithah Alawiyah membantu supaya pesan kamtibmas dari kepolisian bisa tersampaikan kepada umat dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami," sebut dia.

Untuk itu, Habib Aboebakar berharap langkah yang dilakukan Kapolri pada awal masa jabatannya ini akan mampu membawa sinergi antara ulama dan umara. Sinergi yang baik antara ulama dan umara, maka akan dapat diberikan pelindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan demikian akan dapat dilaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal," demikian Anggota DPR RI dari Dapil Kalimantan Selatan (Kalsel) I yang meliputi meliputi Kabupaten Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Tapin itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI