Sufmi Dasco: RUU Pemilu Diputuskan pada Masa Persidangan IV

Fitri Asta Pramesti
Sufmi Dasco: RUU Pemilu Diputuskan pada Masa Persidangan IV
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (dua dari kanan) dalam Rapat Paripurna DPR RI. (Dok. DPR)

DPR RI hingga kini masih berupaya menyerap aspirasi dan saling berkomunikasi antar-partai politik terkait RUU Pemilu

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan akhir terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu akan diputuskan pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 yang akan dimulai pada 7 Maret 2021 mendatang.

Dasco menyebut keputusan akhir tersebut akan ditentukan apakah RUU tersebut masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 atau dikeluarkan.

"Ketegasan apakah (pembahasan) RUU Pemilu dilanjutkan atau tidak, akan diputuskan pada Masa Sidang depan (Masa Sidang IV). Kita akan bicarakan lebih lanjut dalam Badan Musyawarah (Bamus) DPR," kata Dasco dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, menurut Dasco, menjadi perhatian semua pihak di Parlemen, sehingga penentuan Prolegnas Prioritas 2021 belum ditetapkan.

Baca Juga: Komisi II Sepakat Tak Lanjutkan Pembahasan Revisi UU Pemilu

Hal itu menurutnya disebabkan karena DPR RI masih menyerap aspirasi dan saling berkomunikasi antar-partai politik di DPR RI.

"Pada Masa Sidang depan akan kita bicarakan lebih lanjut dalam Bamus dalam penentuan Prolegnas Prioritas 2021. Di sana akan diputuskan bersama apakah lanjut atau tidak," ujar Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI Herman Khaeron dalam interupsi Rapat Paripurna mengatakan, fraksinya mendukung pelaksanaan Pilkada di tahun 2022 dan 2023.

Herman menuturkan Pilkada 2020 yang dilakukan saat pandemi Covid-19 telah menunjukkan kesuksesan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: DPR Telah Optimal Selesaikan Tugas Konstitusional


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI