Ketua Timwas Bencana DPR Serahkan Bantuan Kepada Plh. Bupati Sukabumi

Fabiola Febrinastri
Ketua Timwas Bencana DPR Serahkan Bantuan Kepada Plh. Bupati Sukabumi
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar, di Sukabumi. (Dok : DPR)

Sepanjang sepanjang Januari-Desember 2020, terjadi 470 bencana di Kabupaten Sukabumi.

Suara.com - Ketua Tim Pengawas (Timwas) Pelaksana Penanganan Bencana DPR RI, sekaligus Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar, atau akrab disapa Gus AMI, minta pemerintah dan pihak terkait memberikan perhatian serius ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang kerap dilanda bencana. Hal itu diungkapkannya, saat bertemu Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sukabumi, Zainul S dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, musibah bencana longsor berulangkali terjadi di Sukabumi, sementara yang lama belum tertangani, akibat keterbatasan anggaran, terutama hunian sementara maupun rumah untuk relokasi.

“Oleh karena itu, saya minta perhatian serius terutama kepada Menteri PUPR, yang kedua kepada teman-teman komisi, baik itu Komisi V, Komisi IX, Banggar untuk memperhatikan secara khusus emergency ini, terutama Huntara (Hunian Sementara) maupun hunian tetap sebagai sarana relokasi korban musibah itu,” kata Gus AMI.

Merilis data BPBD Sukabumi, sepanjang sepanjang Januari-Desember 2020, terjadi 470 bencana di Kabupaten Sukabumi. Ratusan bencana ini menyebabkan kerugian hingga Rp 71 miliar, dimana bencana longsor mencapai sebanyak 248 kejadian.

Baca Juga: Drainase Tak Cukup Tampung Air, Rumah Dinas DPR di Kalibata Sempat Banjir

Selanjutnya disusul angin kencang 104 kejadian, 63 kejadian kebakaran, 27 kejadian banjir, 16 kejadian pergerakan tanah, 10 bencana lain-lain, dan 2 kejadian gempa bumi.

Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kembali menegaskan bahwa perhatian pemerintah ke wilayah Sukabumi mutlak harus dilakukan. Bahkan banyak diantaranya memerlukan penanganan secara permanen.

“Sukabumi harus mendapat perhatian karena terlampau sering mendapat bencana yang harus ditangani secara permanen,” tandasnya.

Pihaknya juga siap menemui berbagai pihak terkait demi mewujudkan solusi yang cepat dan tepat dalam menangani musibah bencana di Kabupaten Sukabumi.

“Secara khusus saya akan menemui pihak-pihak institusi, instansi terkait terutama kementerian-kementerian yang bisa memberikan solusi cepat. Anggaran apakah akan terganggu? Pasti, pasti terganggu, tapi untuk hal-hal yang sifatnya emergency seperti ini hendaknya mendapat perhatian,” tutup Gus AMI.

Baca Juga: Anggota DPR: Target Indonesia Bebas Covid-19 Agustus Berat, Tapi Tetap Bisa

Turut mendampingi rombongan Wakil Ketua DPR RI antara lain Ketua Komisi X DPR RI sekaligus Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda, Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah serta perwakilan BNPB.

Dalam kesempatan tersebut Gus AMI juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk korban bencana di Kabupaten Sukabumi berupa selimut, masker, alat swab antigen dan berbagai jenis bantuan lainnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI