Respon Tantangan Global dan Regional, DPR Dukung Kerja Sama AIPA-Norwegia

Fitri Asta Pramesti
Respon Tantangan Global dan Regional, DPR Dukung Kerja Sama AIPA-Norwegia
Fadli Zon dalam pertemuan daring AIPA-Parlemen Norwegia. (Dok. DPR)

Fadli berharap AIPA dan Parlemen Norwegia (Storting) dapat melakukan lebih banyak dialog dan meningkatkan kerja sama strategis

Suara.com - DPR RI mendukung penguatan kerja sama internasional antara ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan Parlemen Norwegia (Storting) guna merespon berbagai tantangan di masa depan baik dalam lingkup global maupun regional. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon dalam pertemuan bertajuk AIPA-Norwegian Parliament Introductory Meeting yang digelar secara daring pada Jumat (26/2/2021), dihadiri oleh perwakilan masing-masing parlemen Anggota AIPA, dan perwakilan Parlemen Norwegia (Storting).

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara parlemen AIPA dengan Parlemen Norwegia (Storting) dalam merespon berbagai tantangan yang menjadi perhatian bersama kedua wilayah, yakni seputar pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, demokrasi, peran parlemen dalam merespon pandemi Covid-19 dan imbasnya terhadap kehidupan masyarakat, dan upaya anti korupsi.

Parlemen Norwegia yang baru saja mendapatkan status sebagai Observer pada organisasi AIPA berharap, pertemuan yang baru pertama kali dilakukan ini dapat mendorong kerja sama strategis yang berlandaskan prinsip mutual understanding antara AIPA dan Parlemen Norwegia (Storting), utamanya dalam topik kemaritiman, green house gases, dan upaya penguatan kolaborasi dalam kerangka regional. Fadli menegaskan, Norwegia adalah salah satu partner utama bagi Indonesia.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Percepat Belajar Tatap Muka

“Kerja sama bilateral yang telah terbangun selama ini dalam berbagai sektor dan melibatkan berbagai stakeholders menegaskan komitmen kedua negara yang menjunjung tinggi prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan, salah satunya melalui kerja sama mengurangi emisi gas rumah kaca. Saya berharap, melalui keterlibatan Norwegia pada framework kerja sama regional AIPA, kita akan mampu menghadapi berbagai tantangan global maupun regional bersama-sama,” ujar Fadli.

Selaras dengan visi ASEAN 2025, “Melangkah Maju Bersama (Forging Ahead Together)”, maka diharapkan kerja sama yang dibangun antara parlemen negara-negara ASEAN yang tergabung dalam AIPA dengan berbagai negara observer seperti Norwegia ini dapat memberi manfaat positif bagi seluruh pihak yang terlibat, utamanya dalam mencapai SDGs yang merupakan prioritas seluruh negara di berbagai belahan dunia saat ini.

Selain itu, selaku Presiden Southeast Asian Parliamentarians against Corruption (SEAPAC), Fadli berharap AIPA dan Parlemen Norwegia dapat melakukan lebih banyak dialog dan meningkatkan kerja sama strategis untuk mendukung keterbukaan dan transparansi sebagai salah satu upaya dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI