Azis Syamsuddin : Deradikalisasi Perlu Digalakkan Kembali

Fabiola Febrinastri
Azis Syamsuddin : Deradikalisasi Perlu Digalakkan Kembali
Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin. (Dok : DPR)

Terakhir, empat orang terduga teroris diamankan di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin mengapresiasi langkah Tim Densus 88 yang berhasil menangkap tujuh terduga teroris di tepat terpisah.

Pengembangan pertama di Jalan Cikarang-Cibarusah, Kampung Kandang, RT 007/04, Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pukul 09.30 WIB, Senin (29/3/2021).

Selanjutnya pada pukul 11.00 WIB, pihak kepolisian mengamankan lokasi penggerebekan dua terduga teroris yang berada di Jalan Raya Condet, Jakarta Timur. Terakhir, empat orang terduga teroris diamankan di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Dari proses penggerebekan, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dan tim dari Gegana dan Labfor tengah melakukan olah tempat kejadian perkara.

Baca Juga: Dilantik Ketum Diaz, Ketua PKPI Banten Target Satu Kursi DPR

"Jika terduga teroris ini berhubungan dengan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makasar, Sulawesi Selatan, kami meminta pendalaman. Sampaikan secara jernih kepada publik, kronologi dan kaitannya, agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi dan data," papar Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga berharap semua pihak mampu mendinginkan situasi dan kondisi. Tidak saling menyalahkan dan mencari kelemahan antar lembaga satu dan yang lainnya.

"Pekerjaan rumah besar kita ada di depan mata. Deradikalisasi dinilai sangat perlu digalakkan kembali di lingkungan pendidikan, termasuk lembaga dakwah Islam di seluruh pelosok nusantara," terang Azis.

Ditambahkannya, aksi terorisme terjadi di Gereja Katedral Makassar menjadi fakta yang memunculkan kekhawatiran di tengah pandemi dimana terorisme dan radikalisasi ternyata bibitnya masih terus tumbuh di tanah air.

"Tentu saja peran lembaga pendidikan termasuk lembaga dakwah di daerah-daerah harus lebih difokuskan. Tentu saja parameternya adalah kualitas mutu pendidikan yang harus kita tingkatkan," imbuh Azis.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi III DPR Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI