Azis Syamsuddin Minta OJK Evaluasi Produk Asuransi Berbasis Investasi

Fitri Asta Pramesti
Azis Syamsuddin Minta OJK Evaluasi Produk Asuransi Berbasis Investasi
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Dok. DPR)

DPR mendorong OJK untuk mengoptimalkan program edukasi masyarakat mengenai keuangan,sehingga masyarakat memiliki keterampilan untuk membuat keputusan yang efektif

Suara.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan jumlah laporan masyarakat terkait produk asuransi berbasis investasi atau unitlink tahun 2020 meningkat dua kali lipat dari 2019, dari 360 menjadir 593 laporan.Tren yang sama terjadi pada tahun ini, memasuki bulan keempat tahun 2021 sudah ada 273 laporan.

Atas laporan yang diterima, Wakil Ketua DPR M. Azis Syamsuddin meminta OJK memetakan laporan yang diterima dari masyarakat, untuk kemudian diproses dan dijadikan bahan evaluasi terhadap pengawasan operasional perusahaan asuransi unitlink.

Sehingga ke depannya, jelas Azis, tidak ada yang merasa dirugikan atas transaksi yang dilakukan masyarakat pada produk keuangan tersebut.

"Kami mendorong OJK untuk meminta para agen asuransi unitlink untuk menjelaskan kepada calon nasabah bukan hanya potensi keuntungan yang akan didapat, namun juga menjelaskan risiko investasi yang mungkin dialami, serta memastikan nasabah memahami seluruh isi polis guna menghindari tuntutan-tuntutan nasabah akibat penurunan nilai investasi yang dialami di kemudian hari," papar Azis. 

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Terbitkan Aturan untuk Tekan Mobilitas Mudik

DPR juga meminta OJK untuk menginformasikan masyarakat untuk selalu membaca dengan teliti polis yang diterima maupun surat kesepakatan mengenai keuangan lainnya, sehingga masyarakat memahami hak dan kewajiban, maupun keuntungan dan risiko yang dialami.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pun mendorong OJK untuk mengoptimalkan program edukasi masyarakat mengenai keuangan, sehingga masyarakat memiliki keterampilan untuk membuat keputusan yang efektif dalam mengatur keuangannya, guna menciptakan masyarakat yang teredukasi dan terinklusi keuangan dengan baik.

"Meminta OJK untuk mengoptimalkan layanan pengaduan konsumen terkait produk asuransi maupun produk keuangan lainnya, sehingga masyarakat terlindungi dan sebagai upaya pengawasan terhadap operasional lembaga keuangan," tandas Azis. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI