Puan Maharani: Sambutlah Lebaran dengan Gembira dengan Berbagi Kebahagiaan

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Puan Maharani: Sambutlah Lebaran dengan Gembira dengan Berbagi Kebahagiaan
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Dok: DPR RI)

Masyarakat diminta menunda mudik demi kebaikan bersama

Suara.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak masyarakat merayakan Idulfitri dengan saling memaafkan dan berbagi pada sesama. Menurutnya, Idulfitri adalah momentum tepat untuk menguatkan solidaritas bangsa, saling membantu, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Merayakan Idul Fitri sambil berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara di sekeliling kita, terutama mereka yang terdampak pandemi,” kata Puan dalam keterangan tertulis pada, Rabu (12/5/2021).

Puan menyampaikan hal itu setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H / 2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, inilah tahun kedua umat muslim berlebaran di tengah pandemi Covid-19. Meski harus ada pembatasan-pembatasan dan kenormalan baru, namun menurut Puan, kesakralan dan berkah Idulfitri tidak akan berkurang.

Baca Juga: Ucapan Sungkem Lebaran 2021 Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa

Selain itu, Puan juga mengingatkan kepada masyarakat yang mampu untuk memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah. Bagi Puan, zakat merupakan salah satu wujud solidaritas sosial.

“Semuanya menjadi modal sosial untuk bergotong royong memulihkan kehidupan sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar Puan.

Selanjutnya, Puan berharap, masyarakat menunda mudik demi kebaikan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Meski tidak mudik, silaturahmi dengan keluarga dan handai tolan di kampung halaman tetap bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Kita jaga silaturahmi, saling memaafkan sebagai sesama anak bangsa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Puan.

Di penghujung Ramadhan ini, Puan juga berharap amal ibadah yang dilakukan selama satu bulan ini diterima dan membuat kita menjadi fitri kembali.

Baca Juga: Puan: Kedatangan WNA Sebaiknya Ditunda Selama Berlakunya Larangan Mudik

“Semoga kita kembali fitri, setelah ditempa lahir dan batin selama bulan Ramadan. Sambutlah hari Lebaran dengan gembira,” ucap putri Taufiq Kiemas tersebut.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI