facebook

Tinjau Pameran IKM, Puan Maharani Harap Ekonomi Bali Segera Pulih

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Puan mengingatkan pentingnya diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi bagi Bali.

Suara.com - Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani mendorong pemerintah agar berpihak kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk bisa menghadapi dampak pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Puan saat meninjau pameran IKM bertema "Bali Bangkit" di Taman Budaya Art Centre, Denpasar, Bali.

“DPR RI ingin UMKM dan IKM dapat terus berjalan di masa-masa pandemi ini, jangan sampai berhenti total. Supaya ketika tiba saatnya nanti Indonesia sudah keluar dari pandemi Covid-19, UMKM dan IKM dapat langsung kembali berlari kencang usahanya,” kata Puan Denpasar, Bali, Kamis (27/5/2021).

Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini menuturkan, pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi melambat lantaran pandemi Covid-19 menurunkan pendapatan dari sektor utama Bali, yaitu pariwisata.

“Saya harap, dengan sudah dimulainya vaksinasi dan digalakkan kembali kegiatan-kegiatan seperti pameran IKM ini, nadi ekonomi Bali bisa kembali berdenyut, dan pendapatan masyarakat Bali mulai pulih,” ungkap Puan.

Baca Juga: DPR Komisi VII Apresiasi Kinerja SKK Migas Tahun 2020

Selain itu, Puan mengingatkan pentingnya diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi bagi Bali. Karena itu, dia berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Bali memfasilitasi penguatan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi di Pulau Dewata tersebut dan terus bersinergi dengan pusat.

“Saya tahu masyarakat Bali begitu kreatif, pasti bisa menemukan sumber-sumber baru pertumbuhan ekonomi selain bidang pariwisata. Apakah itu di bidang digital atau bidang-bidang lainnya,” ujar Puan.

Legislator dapil Jawa Tengah V itu juga menanggapi kebijakan pemerintah yang menggalakkan work from Bali sebagai salah satu cara membangkitkan perekonomian masyarakat Bali.

“Saya harap, work from Bali ini benar-benar dimaksimalkan agar terasa efeknya kepada pemulihan ekonomi Bali,” ucap Puan.

Baca Juga: DPR: Pemerintah Perlu Upayakan Setiap Desa Miliki Satu Penyuluh Pertanian


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI