Puan Maharani: Indonesia Akan Terus Ada Selama Pancasila Ada di Hati Kita

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Puan Maharani: Indonesia Akan Terus Ada Selama Pancasila Ada di Hati Kita
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Dok: DPR)

Tujuan negara bisa dicapai, jika mengamalkan pancasila.

Suara.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan Puan dalam rangka Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni.

"Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa selama Pancasila masih ada di hati orang Indonesia, maka selama itu juga Indonesia akan terus ada," kata Puan, Selasa (1/6/2021). Pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Jakarta, dan diikuti secara virtual oleh Presiden Joko Widodo beserta para menterinya, Puan menjadi petugas pembaca naskah  Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Puan yang mengenakan baju kurung hitam berselempang kain tenun gringsing Bali, hadir secara virtual. Seusai upacara, Puan mengungkapkan bahwa semua bangsa yang ingin menjadi bangsa yang besar harus berpijak pada falsafah bangsanya sendiri. Demikian halnya dengan bangsa Indonesia, yang diyakini Puan akan menjadi bangsa besar dengan memegang teguh Pancasila.

“Kita hanya dapat menjadi bangsa yang besar jika kita berpegang teguh pada falsafah bangsa kita sendiri, yakni Pancasila, dan bukan menjiplak falsafah bangsa orang lain karena setiap bangsa memiliki akar sejarah dan budaya yang berbeda-beda,” ungkap cucu Bung Karno tersebut.

Baca Juga: Sufmi Dasco: Pancasila Harus Diimplementasikan, Bukan Sekadar Hafalan

Puan menegaskan, hanya dengan Pancasila sajalah persatuan bangsa Indonesia dapat diperkukuh dan dengan mengimplementasikan Pancasila itu pulalah tujuan bernegara dapat dicapai.

“Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang ke 76 Tahun. Kami berharap nilai-nilai Pancasila menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila dalam tindakan dan bersatu untuk Indonesia tangguh,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI ini.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI