Gus Muhaimin: Fokuskan Anggaran Negara untuk Vaksinasi

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Gus Muhaimin: Fokuskan Anggaran Negara untuk Vaksinasi
Wakil Ketua DPR, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Pemerintah diminta menggandeng ulama untuk mensukseskan program vaksinasi.

Suara.com - Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia memberikan dampak luar biasa terhadap semua sendi kehidupan bangsa. Pengendalian pandemi Covid-19 harus segera dituntaskan dengan akselerasi vaksinasi massal bagi seluruh warga sasaran.

“Semua elemen harus bahu membahu untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 agar dilaksanakan secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya sasaran. Fokuskan semua anggaran yang ada untuk sementara membiayai program vaksinasi,” ujar Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar, saat membuka kegiatan Vaksinasi Massal bertajuk Vaksin Indonesia Bangkit, di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (23/7/2021).

Gus Muhaimin mengatakan, vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk menangkal dampak terburuk dari virus corona. Menurutnya dengan vaksinasi maka tubuh akan lebih mudah mengenali virus, sehingga saat terjadi infeksi kekebalan tubuh akan bekerja dengan baik.

“Dengan vaksin maka akan bisa menekan gejala terburuk sehingga kalaupun terpapar maka masyarakat tidak perlu sampai ke rumah sakit dan meminimalkan angka kematian,” ujarnya.

Baca Juga: Puan Maharani: Hati Saya Pilu Dengar Vino jadi Yatim Piatu

Ketua Umum DPP PKB ini menilai, pemerintah telah sekuat tenaga melakukan berbagai cara dalam menangani pandemi. Hanya saja belum ada upaya optimal untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan program-program pengendalian salah satunya akselarasi vaksinasi.

“Kita sadari pemerintah telah sekuat tenaga melakukan upaya-upaya mengendalikan pandemic ini. Saking total football, pemerintah terkadang merasa sendiri. Oleh karena itu saya menghimbau pemerintah tidak perlu merasa sendiri. Ajak dan libatkan seluruh kekuatan untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Gus Muhaimin juga mengimbau pemerintah menggandeng ulama dan tokoh agama dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Dia menegaskan vaksinasi baru akan sukses jika masyarakat kompak dan bersatu.

“Dengan cara bahu membahu dan dibackup para toloh, para ulama, para pimpinan. Terimakasih kepada seluruh kader PKB, panitia, pengurus yang sudah bantu semua, membantu Isoman, membantu rekan-rekan kita yang positif di daerah-daerah. Mari kita teruskan,” ujarnya.

Gus Muhaimin memberikan apresiasi atas gerakan Vaksin Indonesia Bangkit yang diinisiasi oleh seluruh jajaran PKB di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Tak Kunjung Cair, DPR Minta Pemda Rincikan Hambatan terkait Realisasi Insentif Nakes


Menurutnya sudah selayaknya semua kekuatan yang ada, termasuk partai politik mengambil inisiatif untuk mempercepat proses vaksinasi. Gerakan Vaksin Indonesia Bangkit ini juga dilakukan untuk menyambut hari lahir PKB yang hari ini menginjak usia ke-23.


“Moga-moga vaksinasi ini berjalan lancar. Mari kita awali vaksinasi ini dengan membaca basmalah,” katanya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI