DPR: Pendaftaran Parlemen Remaja 2021 Resmi Ditutup

Fabiola Febrinastri
DPR: Pendaftaran Parlemen Remaja 2021 Resmi Ditutup
Foto Gedung DPR RI

Pendaftar Parlemen Remaja tahun 2021 mencapai 5.458 orang.

Suara.com - Pendaftaran Parlemen Remaja 2021 resmi ditutup pada Jumat (6/8/2021), pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, pendaftaran Parlemen Remaja 2021 telah dibuka selama 17 hari, sejak Rabu (21/7/2021).

Parlemen Remaja merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI, dalam rangka memberikan pembelajaran politik dan demokrasi kepada generasi muda.

Ketua Panitia Parlemen Remaja 2021, sekaligus Kepala Bagian Humas Setjen DPR RI, Minarni menyampaikan, pendaftar Parlemen Remaja 2021 kali ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pendaftar Parlemen Remaja tahun 2021 mencapai 5.458 orang, sedangkan tahun lalu mencapai 6.257 orang.

“Adanya penurunan jumlah pendaftar pada tahun ini, salah satu kemungkinannya adalah tenggang waktu pendaftaran yang cukup singkat, selama 17 hari dan ditutup pada pukul 15.00 WIB. Biasanya pada pukul 23.59 WIB, karena kami tidak ingin para siswa/siswi begadang demi mendaftar Parlemen Remaja,” ungkap Minarni.

Baca Juga: Disebut Cuma Jago Adu Bacot, DPR Ditantang Aksi Mosi Tak Percaya soal Covid ke Jokowi

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi menurunnya jumlah pendaftar adalah waktu pendaftaran yang memasuki tahun ajaran baru, sehingga banyak siswa yang kesulitan mendapatkan surat dari sekolah terlebih di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini menyebabkan syarat untuk mendaftar di Parlemen Remaja 2021 tidak terpenuhi.

“Pada tahun ajaran baru banyak siswa yang kesulitan mendapatkan surat dari sekolahnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga syarat untuk mendaftar di Parlemen Remaja 2021 tidak terpenuhi,” tambah Minarni.

Lebih lanjut, setelah pendaftaran ditutup, tim penilai dari Setjen DPR RI akan menyeleksi CV, Essay dan video yang sudah diunggah oleh pendaftar sejak tanggal 7 hingga 23 Agustus 2021. Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada hari Selasa, 24 Agustus 2021.

“Kami tunggu kehadiran generasi muda calon pemimpin bangsa di acara Parlemen Remaja 2021,” pesan Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna.

Baca Juga: Maraknya Baliho Puan Maraharani, Bambang Pacul: Spontanitas, Dikoordinir Fraksi DPR RI


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI