Ketua DPR: Kembalinya Blok Rokan Harus Dirasakan Rakyat

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Ketua DPR: Kembalinya Blok Rokan Harus Dirasakan Rakyat
Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok: DPR)

Seluruh lapisan masyarakat diminta untuk mendukung Pertamina kelola Blok Rokan.

Suara.com - Ketua DPR, Puan Maharani menyambut baik kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi, setelah hampir seabad lamanya ladang minyak di Provinsi Riau ini dikuasai perusahaan asing.

Puan berharap, kembalinya Blok Rokan ini dapat memberi kontribusi dan multiplier effect bagi perekonomian nasional, baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi ini harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh sebesar-besarnya rakyat Indonesia,” kata Puan di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Perempuan yang pertama menjabat Ketua DPR ini meminta seluruh anak bangsa untuk mendukung Pertamina untuk mengoperasikan ladang minyak terbesar di Tanah Air.

Baca Juga: Kemenkumham Dicecar Soal 34 TKA China Lolos Masuk Indonesia Saat PPKM

Dengan dukungan dari seluruh elemen bangsa, Puan berharap, Pertamina bisa memimpin perjuangan untuk menjaga dan meningkatkan produksi migas di Blok Rokan.

“Ini semua demi kemandirian dan kedaulatan energi nasional,” tegas cucu proklamator Bung Karno ini.

Mantan Menko PMK menyebut, kembalinya Blok Rokan ini sebagai hadiah kedua HUT Kemerdekaan RI ke-76.

“Kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi adalah hadiah HUT RI ke-76, setelah medali emas yang ditorehkan Greysia-Apriyani di Olimpiade Tokyo. Blok Rokan jadi hadiah kedua,” kata Puan.

“Semoga hadiah-hadiah HUT Kemerdekaan RI ini semakin mempertebal jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air kita,” imbunya.

Baca Juga: Segera Kelola Blok Rokan, Sub Holding Pertamina Untung 101 Persen

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akhirnya secara resmi mengelola Blok Rokan mulai 9 Agustus 2021. Sebelumnya ladang minyak seluas 6.453 kilometer persergi ini dikelola PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Dengan pengelolaan yang baru, Blok Rokan diharapkan bisa mencapai target produksi minyak 165 mbopd pada 2021, atau 24 persen untuk kontribusi nasional.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI