Puan Maharani Pimpin Rapat Paripurna HUT ke-76 DPR RI

Fabiola Febrinastri
Puan Maharani Pimpin Rapat Paripurna HUT ke-76 DPR RI
Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Dok: DPR)

DPR RI juga mengundang sejumlah ketua-ketua DPR terdahulu.

Suara.com - Ketua DPR RI, Dr.(H.C) Puan Maharani akan memimpin rapat paripurna peringatan HUT ke-76 DPR RI, yang jatuh pada 29 Agustus lalu. Dalam rapat paripurna hari ini, Selasa (31/8/2021) pada pukul 11.00 WIB, Puan akan menyampaikan Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2020-2021.

Didampingi para pimpinan DPR lainnya, Puan akan memimpin rapat paripurna yang akan digelar gabungan fisik dan virtual di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta. DPR RI turut mengundang sejumlah pimpinan lembaga negara dalam acara peringatan HUT ke-76 tersebut. Selain itu, DPR RI juga mengundang sejumlah ketua-ketua DPR terdahulu.

Dalam peringatan HUT kali ini, DPR RI mengambil tema "DPR RI Hebat Bersama Rakyat". Dengan tema tersebut, DPR ingin meneguhkan kembali semangat gotong royong yang merupakan intisari dari nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa.

Puan pun menegaskan komitmen DPR untuk terus berbenah diri di peringatan HUT ke-76 DPR RI. Ia memastikan, lembaga perwakilan rakyat yang dipimpinnya tak akan berhenti melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kerja-kerja legislasi, pengawasan dan anggaran, sebagaimana diamanatkan Konstitusi.

Baca Juga: Minta PTM Dievaluasi, Ketua DPR Puan: Agar Sekolah Bisa Tahu Kekurangannya

“Tidak ada yang hal utama bagi DPR selain aspirasi rakyat. Di ulang tahun ke-76 ini, DPR akan terus berbenah diri dan terus belajar untuk mendengar, memahami dan menyalurkan aspirasi rakyat,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini menyadari, masih terdapat berbagai kekurangan dari DPR dalam fungsinya sebagai penyalur aspirasi rakyat. Oleh karenanya, kata Puan, segala masukan dan kritik dari masyarakat akan menjadi pelecut DPR untuk bekerja lebih baik lagi.

Lebih lanjut, cucu Bung Karno ini mengingatkan seluruh wakil rakyat, agar mendedikasikan diri untuk kepentingan masyarakat, terlebih di era pandemi Covid-19 sekarang ini. Puan menegaskan, dibutuhkan kerja-kerja tak kenal lelah oleh anggota DPR agar beban rakyat diringankan di masa-masa sulit sekarang ini.

“Kami akan mengawasi setiap kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19 agar semata-mata bertujuan untuk penyelamatan rakyat dari bencana kesehatan ini, bukan yang lain,” jelasnya.

Sejarah mencatat, kiprah parlemen di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Perjalanan parlemen Indonesia kemudian berlanjut di era penjajahan Jepang yang tidak berjalan sebagai mana mestinya karena tidak mewakili bangsa Indonesia.

Baca Juga: Cari Kelemahan untuk Perbaikan, DPR Minta Sekolah Evaluasi PTM Hari Pertama

Hingga akhirnya Indonesia merdeka, pemerintahan yang berada di bawah pimpinan Presiden Sukarno membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) 12 hari setelah proklamasi kemerdekaan. KNIP yang merupakan cikal bakal DPR berdiri pada 29 Agustus 1945. Tanggal peresmian KNIP kemudian dijadikan sebagai tanggal dan hari lahir DPR RI.

Di awal pembentukannya, KNIP beranggotakan sebanyak 137 orang dengan dipimpin oleh Kasman Singodimedjo sebagai ketua. Duduk sebagai wakil ketua KNIP saat itu adalah Sutardjo Kartohadikusumo, J Latuharhary, dan Adam Malik.

Saat ini, DPR RI periode 2019-2024 memiliki 5 pimpinan Ketua DPR Puan Maharani, dan 4 Wakil Ketua yakni Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel dan Muhaimin Iskandar. Sebagai informasi, ini kali kedua DPR RI memperingati hari ulang tahun dalam situasi pandemi Covid-19. Usai rapat paripurna peringatan HUT ke-76 DPR RI, 5 pimpinan DPR akan memberikan keterangan pers kepada wartawan.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI