BKSAP Harap Setiap Kebijakan Daerah Sejalan dengan Sustainable Development Goals

Fabiola Febrinastri
BKSAP Harap Setiap Kebijakan Daerah Sejalan dengan Sustainable Development Goals
BKSAP DPR RI, Putu Supadma. (Dok: DPR)

SDGs secara khusus sudah melekat dan menjadi narasi kehidupan masyarakat Bali.

Suara.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana menyampaikan, target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) secara spesifik menyasar sektor-sektor tertentu seperti pendidikan, kesehatan, kesetaraan gender, ketenagakerjaan, infrastruktur, energi dan lingkungan serta akses terhadap sanitasi dan air bersih.

“Guna mempercepat pencapaian SDGs tersebut, kami mendorong sepenuhnya integrasi target SDGs ke dalam dokumen perencanaan yaitu RPJMD Kabupaten/Kota, RPJMD Provinsi, dan RPJMN. Kami harapkan bahwa integrasi SDGs ini sudah dilakukan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Bangli,” tegas Putu, di Kantor Bupati Bangli, Selasa (14/9/2021).

Putu menambahkan, SDGs secara khusus sudah melekat dan menjadi narasi kehidupan masyarakat Bali, khususnya Kabupaten Bangli.

“Ini hal yang baik di sini. Di samping Bali menjadi tempat implementasi, juga menjadi tempat penerapannya (SDGs). Bagaimana masyarakat melibatkan komunitasnya, menjaga lingkunganya, agar juga masyarakat terlibat memiliki skill serta menyangkut bagaimana masyarakat menjaga air dan udaranya,” ungkap Putu,

Baca Juga: Azis Syamsuddin Tak Terlihat di DPR Sepekan Terakhir, Ini Kata Pimpinan DPR

Tinggal bagaimana peran DPR RI dan pemerintah untuk terus mengingatkan kembali akan SDGs tahun 2030 nanti, dengan harapan dalam setiap kebijakan daerah baik kabupaten/kota maupun provinsi terus sejalan dengan target SDGs.

“Kalau sudah sejalan, kita dorong terus untuk melanjutkan. Kalau memang ada daerah yang belum, maka kita ingatkan kembali agar tetap pada jalur menuju goals 2030,” terang Putu.

Putu juga jelaskan bahwa Sustainable Development Goals merupakan komitmen global terhadap pembangunan ekonomi, pemberdayaan sosial, dan penyelamatan lingkungan (3P: People, Prosperity, Planet) yang ditargetkan pada 2030. “Meskipun mandat SDGs ada di pemerintah pusat, tapi 70 persen kewenangan dalam implementasi SDGs ada di pemerintah daerah. Karena itu, pembangunan di daerah harus sejalan dengan pencapaian 17 target SDGs yang sudah dicanangkan,” ujar Politisi dapil Bali ini.

Diketahui ada 17 target SDGs yang sangat komprehensif dan mencakup semua sektor, mulai dari yang lintas sektor seperti pengurangan kemiskinan, penghapusan kelaparan, serta kemitraan.

Baca Juga: Gaya Busana Anggota DPR di Met Gala 2021 Tuai Kontroversi, Dinilai Hipokrit


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI