DPR Apreasi Pertumbuhan e-Commerce Indonesia yang Jadi Nomor 1 di Dunia

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
DPR Apreasi Pertumbuhan e-Commerce Indonesia yang Jadi Nomor 1 di Dunia
Dpk: DPR

Akselerasi pertumbuhan transaksi digital terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Suara.com - Pemimpin Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi VI DPR dengan CEO dari Tokopedia, Gojek, Shopee dan Bukalapak hari ini adalah Gde Sumarjaya Linggih di Gedung DPR, Senayan (15/9/2021).

Gde Sumarjaya Linggih mengapresiasi perumbuhan e-commerce Indonesia yang berada di nomor 1 di dunia.

“Dengan pertumbuhan e-commerce yang nomor 1 di dunia, Saya berharap kita bisa jadi sangat menang di industri ini,” ujar pimpinan dalam rapat.

“Banyaknya kemudahan dalam mengakses internet membuat konsumen e-commerce meningkat beberapa alasannya antara lain adalah praktis, kemudahan sistem pembayaran, efisien waktu, dan banyaknya harga promo yang menarik dari pelaku usaha online. Namun dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan timbul pula kekhawatiran akan tanggung jawab perusahaan online kepada konsumen,” tambahnya.

Baca Juga: Warga Positif Berkeliaran, DPR: Jangan Sampai Peduli Lindungi Sekadar Syarat Masuk Mal

Gde Sumarjaya Linggih juga mengingatkan mengenai peraturan sejumlah peraturan perundang-undangan yang mengatur industri perdagangan digital.

Saya mengingatkan mengenai begitu banyaknya perusahaan online. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, Undang-Undang Perdagangan dan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen merupakan acuan bagi setiap pelaku usaha dalam melakukan transaksi perdagangan.

“Pelaksanaan transaksi e-commerce yang berkembang pesat harus diimbangi dengan adanya pengawasan yang tegas dari pemerintah dalam setiap implementasinya,” tutur Politisi Senior tersebut.

CEO Gojek Kevin Aluwi dalam RDPU dengan Komisi VI hari ini juga menyampaikan bahwa akselerasi pertumbuhan transaksi digital terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Karena pandemi ini terjadi, ada efek akselerasi terhadap adopsi teknologi digital oleh masyarakat. Tentunya UMKM-UMKM yang bisa go digital ini bisa menikmati pertumbuhan yang menurut kami cukup pesat dalam tahun-tahun kedepan bahkan setelah pandemi ini berakhir,” ujar Kevin.

Baca Juga: Berapa Gaji Anggota DPR RI? Krisdayanti Bocorkan Detail Gaji Fantastis Wakil Rakyat


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI