Ketua DPR: Perempuan di Parlemen Harus Melek Teknologi

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR: Perempuan di Parlemen Harus Melek Teknologi
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Teknologi digital juga memiliki dampak negatif di kehidupan masyarakat.

Suara.com - Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani mengatakan, dewasa ini teknologi digital saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Untuk itu, ia meminta semua Anggota DPR RI, khususnya para wakil rakyat perempuan untuk melek terhadap hal tersebut.

Hal tersebut disampaikan Puan secara virtual dalam acara ‘Women in Tech: Kepemimpinan Perempuan di Era Digital’, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

"DPR RI harus semakin melek digital. Kita anggota dewan yang perempuan harus melek digital, semakin paham digital," ujar Puan.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini menilai, teknologi digital dapat meningkatkan kelas Anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan. Dengan begitu, masyarakat secara tidak langsung turut merasakan manfaat teknologi.

Baca Juga: Tunjuk Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR, Airlangga Berkoordinasi Dengan Luhut

"Kita perempuan yang ada di parlemen perlu berpartisipasi aktif, bahwa kemajuan teknolgi digital turut meningkatkan kesejahteraan umum," ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Di samping itu sambung Puan, DPR dan pemerintah juga perlu memberikan ketenangan kepada masyarakat terkait keamanan dunia digital. Agar masyarakat tak tabu dan takut terhadap hal tersebut.

"Negara perlu hadir untuk memberi ketenangan bagi rakyat, rakyat perlu tahu dan yakin bahwa negara melindungi data mereka di era digital," ujarnya.

Disadari Puan bahwa teknologi digital juga memiliki dampak negatif di kehidupan masyarakat. Untuk itu, dirinnya menginginkan seluruh elemen masyarakat dapat merasakan manfaat positifnya dan tugas negara untuk mewujudkan hal itu.

"Kita ingin anak-anak kita sudah tahu sejak awal bahwa mereka dapat menggunakan teknologi digital untuk kegiatan-kegiatan produktif, bukan hanya kegiatan konsumtif," pungkas Menko PMK Periode 2014-2019 itu.

Baca Juga: Golkar Resmi Tunjuk Sekjen Lodewijk Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI