alexametrics

Gus Muhaimin Harap Pemerintah RRC Tingkatkan Bantuan Program SDM

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar saat menyampaikan sambutan dalam pertemuan secara virtual dengan perwakilan Parlemen China Wang Chen, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (25/10/2021). (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar saat menyampaikan sambutan dalam pertemuan secara virtual dengan perwakilan Parlemen China Wang Chen, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (25/10/2021). (Dok: DPR)

Bantuan tersebut tidak kalah penting dalam kerjasama bilateral.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar mengharapkan pemerintah Republik Rakyat China (RRC) melalui program dan forum bilateral dapat membantu program-program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap masyarakat Indonesia. Khususnya, ungkap Gus Muhaimin, seperti peningkatan pesantren melalui program pendidikan, sains dan teknologi.

Demikian disampaikan Gus Muhaimin saat menyampaikan sambutan dalam pertemuan secara virtual dengan perwakilan Parlemen China Wang Chen, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin (25/10/2021). Turut hadir Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini dan Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah.

“Tak hanya itu, di dalam bidang kepemudaan, ke depannya DPR RI juga berharap adanya peningkatan kerja sama terutama dalam pertukaran pemuda serta juga pemimpin dan tokoh perempuan, tokoh-tokoh agama dan komunitas. Hal ini sangat penting untuk membantu masa depan dunia yang toleran serta dilandasi nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Gus Muhaimin.

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini lebih lanjut menyatakan di tengah masa pandemi yang belum sepenuhnya pulih saat-saat ini, DPR RI mendorong kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan RRC yang selain bersifat investasi juga berorientasi pada pemasaran produk-produk hasil pertanian, perikanan serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke pasar China.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bekasi Siapkan Dana Rp37 Milyar Bagi UMKM

Dalam konteks itu, sambung politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, yang tidak kalah penting dalam kerjasama bilateral tersebut diharapkan RRC mampu membantu perjuangan Indonesia dalam melawan terhadap penangkapan ikan ilegal dan tidak dilaporkan serta tidak diatur atau yang sering disebut sebagai unreported and unregulated illegal fishing.

Selain itu, ungkap Gus Muhaimin, yang menjadi perhatian dunia dan harapan Indonesia adalah dukungan pemerintah RRC terkait konservasi dan perubahan iklim khususnya di Indonesia.

“Itulah yang menjadi perhatian saya dan harapan saya untuk menjadi bagian dari agenda-agenda kerjasama bilateral ke depannya untuk kemudian diwujudkan secara bersama-sama antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah RRC di masa yang akan datang,” pungkas Gus Muhaimin.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI