DPR dan Pemerintah Sepakat Kebijakan Fiskal 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi

Fabiola Febrinastri
DPR dan Pemerintah Sepakat Kebijakan Fiskal 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Presiden mengenai rincian APBN yang berisin rincian program.

Suara.com - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengungkapkan dalam pelaksanaan fungsi anggaran sesuai siklus dan mekanisme APBN, pembahasan dan penetapan RUU APBN 2022 menjadi UU APBN 2022 telah selesai dilaksanakan.

Puan menyatakan, kebijakan fiskal tahun 2022 mendatang sebagaimana kesepakatan DPR dan pemerintah akan dijalankan secara antisipatif dan responsif dengan tetap fokus pada penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi dan sosial yang dilakukan secara simultan melalui upaya reformasi struktural.

Pemaparan tersebut disampaikan Puan saat membacakan Pidato Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Korkesra Muhaimin Iskandar, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (1/11/2021). Hadir Wakil Ketua DPR RI Korpolkam Lodewijk F. Paulus, Wakil Ketua DPR RI Korinbang Rachmat Gobel dan segenap Anggota DPR RI secara fisik dan virtual.

“Pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Presiden mengenai rincian APBN yang berisin rincian program, kegiatan, keluaran (output), serta rincian jenis belanja dan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah. Rincian APBN tersebut dapat menjadi landasan dalam fungsi pengawasan DPR RI di bidang anggaran, apakah program, kegiatan, dan belanja negara telah meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyat,” jelas Puan.

Baca Juga: Jokowi Belum Serahkan Pengganti Marsekal Hadi, DPR: Semua Calon Baik

Politisi PDI-Perjuangan tersebut menuturkan sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah diharapkan untuk terus mencermati dinamika perekonomian, perkembangan penanganan Covid-19 serta langkah-langkah pemulihan ekonomi dan sosial. Tujuannya, sambung Puan, agar kebijakan yang dijalankan dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat yang efektif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

Puan memaparkan, DPR RI melalui komisi-komisi terkait akan terus melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan APBN Tahun 2022 agar berjalan dengan baik.

“Serta mendorong pemerintah untuk melakukan pengelolaan fiskal ke arah yang lebih sehat, berdaya tahan, dan mampu menjaga stabilitas perekonomian ke depan yang disertai dengan reformasi APBN yang efektif,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Selain itu, Puan pada kesempatan tersebut juga mengapresiasi keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia pada Piala Thomas 2020 yang digelar pada tahun 2021. Hal tersebut menjadi momentum untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia.

DPR juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Provinsi Papua yang telah sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua serta apresiasi kepada kontingen Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil menjadi Juara Umum dalam PON XX.

Baca Juga: Anggota DPR RI Desak Ungkap Dugaan Keterlibatan 2 Menteri dalam Bisnis Tes PCR


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI