alexametrics

Rachmat Gobel: Pemda Harus Cari Solusi Atasi Banjir Gorontalo

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat kunjungan kerja ke Gorontalo baru-baru ini. (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat kunjungan kerja ke Gorontalo baru-baru ini. (Dok: DPR)

Belum pernah ada solusi konkret terhadap wilayah banjir.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Pemerintah Daerah Gorontalo harus cepat turun tangan menyelesaikan masalah banjir yang terjadi di Desa Detahu, Gorontalo. Menurutnya daerah tersebut sudah sering terdampak banjir tetapi belum ada solusi konkrit untuk memitigasi bencana alam yang kerap terjadi setiap musim penghujan.

"Desa Datahu merupakan wilayah yang selalu menjadi langganan banjir di setiap tahun, berharap ada solusi dari Pemerintah Daerah Gorontalo terkait untuk mengatasi banjir di daerah tersebut," ucap Gobel dalam rilisnya, Jumat (12/11/2021).

Desa Datahu merupakan salah satu desa yang mengalami dampak terparah akibat banjir bandang yang menerjang Kabupaten Gorontalo beberapa hari yang lalu. Tercatat, sebanyak 778 unit rumah warga rusak dan 1.041 kepala keluarga terdampak.

Kepada masyarakat yang terdampak, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan ini menyerahkan bantuan berupa kasur, selimut, dan sembako kepada korban banjir di Desa Datahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Baca Juga: Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Jakarta Ini Sempat Kebanjiran Lagi

Di sisi lain, Gobel mengingatkan betapa pentingnya peningkatan pemberdayaan masyarakat dan kemampuan ekonomi masyarakat dalam membangun kelembagaan yang kuat.

"Melalui dua penguatan itu, maka masyarakat juga memiliki kemampuan swadaya dan memiliki kemandirian," ucapnya.

Untuk itu, Rachmat Gobel mengajak masyarakat memperkuat sektor pertanian, koperasi, dan UMKM yang menjadi sumber ekonomi masyarakat.

“Kita akan bekerja bersama-sama. Masyarakat yang kuat dan sejahtera merupakan solusi yang sesungguhnya,” tutupnya.

Baca Juga: Hujan Deras di Kota Bekasi, Perumahan Duta Kranji Terendam Banjir


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI