facebook

Legislator Dorong BI Jaga Inflasi dan Stabilisasi Rupiah

M Nurhadi | Restu Fadilah
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu saat Rapat Kerja Komisi XI DPR RI dengan Gubernur BI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Foto : Fahmi/mr
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu saat Rapat Kerja Komisi XI DPR RI dengan Gubernur BI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Foto : Fahmi/mr

Saya harap capaian yang cukup baik dengan menjaga inflasi dan stabilisasi mata uang terus berlanjut," ujar Gus Irawan

Suara.com - Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengapresiasi upaya Bank Indonesia (BI) dalam menjaga inflasi serta kestabilan nilai tukar rupiah. Untuk itu ia berharap bank sentral tersebut mampu menjaga dan merawat kinerjanya agar tetap baik hingga tahun depan.

“Saya harap capaian yang cukup baik dengan menjaga inflasi dan stabilisasi mata uang terus berlanjut," ujar Gus Irawan saat Rapat Kerja Komisi XI DPR RI dengan Gubernur BI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Gus Irawan juga mengapresiasi neraca BI dengan realisasi anggarannya yang kurang lebih pas.

Tapi Gus Irawan berharap agar BI dapat melengkapi informasi tentang neraca tersebut. Selain itu legislator dapil Sumatera Utara II tersebut juga mendorong BI agar dapat lebih berkontribusi terhadap kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Anggota Baleg: DPR akan Perbaiki UU Cipta Kerja yang Dianggap Inkonstitusional

Persoalan UMKM ini juga turut menjadi perhatian Anggota Komisi XI DPR RI Fauzi H. Amro agar seluruh lembaga pemerintah, termasuk BI dapat memberi perhatian terhadap usaha rakyat tersebut. Dalam rapat itu ia mengatakan, kalau perlu BI menjadi pelopor pengklasteran UMKM yang tersebar di berbagai daerah.

Disamping itu, legislator dapil Sumatera Selatan I tersebut memberikan beberapa catatan. Salah satunya terkait untuk mempertimbangkan realisasi Rancangan Anggaran Tahun Bank Indonesia (RATBI) yang per akhir September tahun ini baru terealisasi sekitar 57,26 persen.

Fauzi juga mengingatkan agar BI turut memperjelas arah kebijakan dan tujuan BI di tahun depan setelah menentukan visi-misinya saat rapat berlangsung. “Tinggal bagaimana mengimplementasikan misi tersebut. Lalu BI diharapkan mampu menurunkannya dalam berbagai program kerja," tukasnya. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI