facebook

Tekad Baik Memajukan Industri Olahraga Harus Segera Terimplementasi

Fabiola Febrinastri
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Dalam acara ini turut hadir Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar berharap agar pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJamsostek bisa segera mengimplementasikan kebijakan yang memajukan industri olahraga nasional. Dengan demikian para atlet yang sudah berjasa bagi kemajuan olahraga nasional bisa terjamin kesejahteraannya.

Harapan tersebut dia ungkapkan setelah melihat kondisi pensiunan atlet yang bernasib tidak beruntung. Padahal pernah berjasa bagi kemajuan olahraga nasional. Oleh sebab itu, Gus Muhaimin menekankan agar tata kelola industri olahraga nasional harus segera diperbaiki.

"Salah satu yang mengejutkan, nama-nama besar sepak bola yang menjadi kebanggaan nasional, dulu zaman jaya-jayanya susah ketemu mereka, ternyata ketemu dalam keadaan susah semua rata-rata. Dan nama besar pemain sepak bola kita, setelah berjuang membawa nama baik klub dan nama baik PSSI serta nama baik bangsa, ternyata masa pensiunya begitu cepat, kemudian bernasib tragis dalam sehari-hari kebutuhannya termasuk jaminan kesehatan," papar Gus Muhaimin saat menghadiri 'Talkshow Olahraga dari Hobi ke Profesi' di Ballroom Menara BNI, Pejompongan, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Dalam acara ini turut hadir Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, PLT GM APPI M. Hardika Aji, dan Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo. Gus Muhaimin meminta agar pemerintah bisa segera mengimplementasikan kebijakan yang memajukan industri olahraga nasional, demi menjamin kesejahteraan para atlet.

Baca Juga: Menteri KKP Serahkan Santunan BPJAMSOSTEK Rp1,99 Miliar untuk 21 ABK KM Hentri I

"Kita berharap tekad baik memajukan industri olahraga ini segera terimplementasi dengan baik dalam kebijakan pemerintah," imbuhnya.

Kepada BP Jamsostek, ia meminta agar jaminan kesehatan bagi atlet bisa dipenuhi, mengingat risiko cidera bagi para olahragawan cukup tinggi. Dengan begitu profesionalitas atlet dalam meraih prestasi bisa terjaga, karena tidak ada kekhawatiran atas berbagai macam kesulitan. Kepada Komisi X DPR RI, Gus Muhaimin meminta agar segera melahirkan undang-undang yang bisa memajukan industri olahraga nasional.

"Kita dituntut untuk segera mewujudkan undang-undang atau keputusan dan kebijakan pemerintah sektor ketenagakerjaan atau yang lainnya," ujar pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu.

Lebih lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyarankan agar pemerintah dan para pemangku kepentingan olahraga nasional bisa mencontoh negara-negara yang telah maju dalam tata kelola industri olahraganya. Di akhir kesempatan, para pemangku kepentingan olahraga nasional menandatangani komitmen bersama perlindungan ketenagakerjaan bagi pesepakbola dan atlet profesional.

Baca Juga: Varian Covid-19 Omicron Merebak di Afrika, Pimpinan DPR: Tutup Akses WNA!


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI