alexametrics

DPR Bertemu UPPKB Tinjau Efektivitas Kinerja Wujudkan Zero ODOL

Fabiola Febrinastri
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Arwani Thomafi. (Dok :DPR)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Arwani Thomafi. (Dok :DPR)

Keberadaan jembatan timbang ini dimaksudkan untuk membatasi angkutan yang bermuatan melebihi ketentuan.

Suara.com - Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Arwani Thomafi melakukan pertemuan dengan jajaran Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Kabupaten Serang Provinsi Banten, terkait dengan pengawasan dan juga menyerap masukan terhadap kinerja dan efektivitas UPPKB dalam mewujudkan Zero ODOL (Over Dimebsion Over Loading) di tahun 2023, Cikande, Serang Banten, Kamis (2/12/2021).

Menurut Arwani, keberadaan jembatan timbang ini dimaksudkan untuk membatasi angkutan yang bermuatan melebihi ketentuan, mengingat hal ini penting untuk menjaga dan memastikan kondisi jalan tidak rusak dan juga keselamatan dan keamanan bagi pengendara yang lain. Meskipun menurutnya, kondisi dari UPPKB Cikande dan UPPKB lainnya pada umumnya masih jauh dari memadai, sehingga keefektifitasan dan juga optimalisasi UPPKB masih jauh dari harapan.

Terkait dengan program Kementerian Perhubungan Zero ODOL, Komisi V DPR RI mendorong program tersebut hingga 2023. Komisi V DPR RI juga berharap dengan adanya program tersebut tidak ada lagi Over Dimension dan Over Loading.

Komisi V DPR RI juga meminta Kementerian Perhubungan dapat mengkonsolidasikan dan mensinergikan dengan seluruh stakeholder terkait, agar program Zero ODOL ini dapat terwujud dan tidak hanya menjadi Program belaka. 

Baca Juga: Puan Undang Parlemen Dunia Hadiri IPU ke-144 di RI Sambil Nikmati Keindahan Bali


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI