Lestarikan Endemik Langka, Gus Muhaimin: Komunitas Burung Kicau Patut Diapresiasi

Fabiola Febrinastri
Lestarikan Endemik Langka, Gus Muhaimin: Komunitas Burung Kicau Patut Diapresiasi
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Kontes burung sama seperti olahraga.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mendorong pemerintah untuk memberikan apresiasi dan fasilitas yang pantas kepada komunitas kicau mania. Menurutnya, selain karena agenda dan keanggotaan yang cukup banyak, komunitas tersebut juga menjadi penyumbang kelestarian berbagai jenis burung langka di Indonesia.

“Komunitas Kicau Mania dan semua yang terlibat ini patut mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan dukungan semua pihak. Mereka ini mampu melestarikan habitat-habitat langka termasuk Murai yang dulunya langka menjadi sangat berkembang biak, kemudian Jalak Bali yang dulunya hampir punah bisa berkembang lagi,” kata Gus Muhaimin, saat menyapa Komunitas BnR sekaligus meresmikan penangkaran burung Murai Batu di Tangerang, Jumat (17/12/2021).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mendesak pemerintah, menghentikan impor sejumlah jenis burung dari berbagai negara, antara lain Thailand. Menurutnya, impor burung dari luar negeri justru merusak tumbun kembang penangkaran burung seperti yang dilakukan oleh BnR.

“Saya kira, hambatan-hambatan termasuk salah satunya impor dari burung-burung seperti murai dari berbagai negara harus distop. Kita harus stop (impor burung) supaya melindungi tumbuh kembangnya penangkaran di tanah air,” tegas Gus Muhaimin.

Baca Juga: Sufmi Dasco Ahmad Diapresiasi sebagai Pimpinan DPR Terpopuler di KWP Awards 2021

Di sisi lain, Gus Muhaimin menyatakan bahwa kontes burung sama seperti olahraga, yaitu berangkat dari hobi menjadi industri. Karena itu kalau kontes burung dapat membawa multiplier effect yang positif, di antaranya menambah semangat para kicau mania untuk menjaga kebugaran, melatih strategi, serta ketekunan para kicau mania.

“Ini sama dengan olahraga dari hobi ke industri, dari kegiatan yang bersifat privat menjadi publik, dari yang biasa menjadi profesional. Ini luar biasa menjadi kekuatan ekonomi sekaligus kekuatan penyangga kelestarian alam,” tutur Gus Muhaimin.

Sementara itu, sesepuh komunitas BnR, Bang Boy mengapresiasi dukungan dan kepedulian Gus Muhaimin kepada komunitasnya. Dia menaruh harapan besar kepada Gus Muhaimin untuk memperjuangkan eksistensi mereka di Indonesia, salah satunya dengan mendorong pemerintah setop impor burung.

“Di Indonesia ini ada yang aneh, burung impor dipermudah, ekspornya dari kita tidak dipermudah. Kami minta tolong ke Gus Muhaimin bahwa kami ini bisa ekspor, itu sama kan bisa dijadikan pendapatan pemerintah juga,” kata Bang Boy.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Komunitas BnR sekaligus Anggota DPR RI Fraksi PKB Muhammad Kadafi, Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan, sejumlah anggota komunitas burung kicau, serta musisi-musisi Reggae Indonesia.

Baca Juga: PKB Usul Ambang Batas Pencalonan Presiden 5-10 Persen


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI