alexametrics

DPR Komitmen Berperan pada Pemulihan Sosial Ekonomi

Fabiola Febrinastri
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Membangun Indonesia, membutuhkan kebersamaan sikap.

Suara.com - Selama 21 bulan Indonesia berada dalam tempaan menghadapi persoalan pandemi Covid-19, menurut Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani bangsa dan negara semakin kuat, dan dengan momentum pemulihan yang semakin kondusif, serta semangat dan harapan baru di tahun 2022, maka DPR RI, melalui kewenangan konstitusionalnya, memiliki komitmen dan semangat pengabdian yang tinggi untuk menjalankan amanat kedaulatan rakyat. Dia mengungkapkan DPR RI memiliki komitmen untuk berperan pada pemulihan sosial ekonomi dampak Covid-19.

Saat berpidato di hadapan Rapat Paripurna dalam rangka pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Puan menyampaikan pengalaman sebagai bangsa dan negara, dalam menghadapi Pandemi Covid-19, telah membuktikan bahwa hanya dengan jiwa gotong royong, kerja bersama, maka Indonesia dapat menghadapi dan mengatasi persoalan yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19.

"Semangat kebersamaan inilah, yang memberikan kekuatan dan harapan bagi kita semua untuk memasuki tahun 2022. DPR RI mengapresiasi berbagai upaya seluruh anak bangsa dan komponen bangsa dalam mengatasi pandemi Covid-19, sehingga dapat mempercepat pemulihan kesehatan, ekonomi, dan sosial," papar Puan di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Menurut politisi PDI-Perjuangan tersebut, kebersamaan seluruh anak bangsa dan komponen bangsa, yang dipersatukan dalam semangat gotong royong, akan memperkuat bangsa dan negara Indonesia dalam menghadapi tantangan apapun dan menjadi kekuatan nasional dalam membangun Indonesia yang sejahtera, maju dan berkepribadian.

Baca Juga: Puan Maharani: Joki Karantina Bahayakan Keselamatan Masyarakat, Perketat Pengawasan!

Puan juga menegaskan, tugas Pemerintahan Negara, sebagaimana yang diamanatkan di dalam konstitusi negara, UUD NRI 1945, yaitu untuk melindungi rakyat, mensejahterahkan rakyat, mencerdaskan rakyat, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, harus dapat terus dijalankan.

Dia juga menjelaskan, sejumlah agenda nasional seperti penanggulangan kemiskinan, pemerataan pembangunan, pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, reformasi birokrasi, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan lain sebagainya tetap harus dapat dijalankan secara optimal tanpa harus menunggu pandemi Covid-19 berakhir.

Tahun 2022, masih kata legislator dapil Jawa Tengah V itu, membuka harapan agar pemulihan sosial dan ekonomi dapat lebih cepat dan berjalan dengan baik. Pengalaman dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan dampaknya selama ini, dapat menjadi landasan untuk meningkatkan kinerja pemulihan sosial dan ekonomi. DPR RI berkomitmen untuk memperkuat upaya percepatan pemulihan sosial dan ekonomi.

Puan menambahkan, membangun Indonesia, membutuhkan kebersamaan sikap yaitu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Baginya politik pembangunan harus dapat memperlihatkan keberpihakannya kepada rakyat, hajat hidup rakyat lah yang menjadi tujuan pembangunan.

Baca Juga: Ganjar dan Puan Belum Tentu Dipilih, Ini Kriteria Capres 2024 yang akan Diusung PDIP


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI