facebook

Gus Muhaimin: Promosi Budaya Harus dengan Sentuhan Teknologi

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dalam orasi kebudayaan di Bumi Ageung, Cikidang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/1/2022). (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dalam orasi kebudayaan di Bumi Ageung, Cikidang, Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/1/2022). (Dok: DPR)

Keberpihakan pemerintah dengan anggaran khusus harus ditingkatkan tiga kali lipat.

Suara.com - Kekayaan budaya Nusantara luar biasa. Berbagai seni tradisi memiliki corak dan warna sendiri di setiap daerah. Sayangnya, promosi budaya Nusantara kurang mengglobal, sehingga tidak banyak dikenal masyarakat dunia. Sentuhan teknologi jadi keniscayaan untuk dilakikan, agar promosi budaya bisa mendunia.

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, salah satu persoalan promosi budaya nasional kurang mendunia adalah tidak mendapat sentuhan teknologi yang memadai. Selain itu, kebijakan anggaran untuk promosi budaya sangat minim.

"Khasanah budaya dan tradisi kita luar biasa. Ribuan seni budaya menyebar di Nusantara dengan keindahannya. Tetapi mengapa tidak bisa mengglobal? Ada dua sebab. Pertama, keberpihakan pemerintah dengan anggaran khusus harus ditingkatkan tiga kali lipat. Kedua, kita tidak mampu memanfaatkan teknologi, terutama teknologi informasi yang jadi sarana pemasaran dan pertunjukkan budaya tradisi kita,” tuturnya dalam orasi kebudayaan di Bumi Ageung, Cikidang, Cianjur, Jawa Barat, Senin, (17/1/2022).

Dikatakan politisi PKB tersebut, Korea sebetulnya tidak memiliki produk budaya yang istimewa. Semuanya biasa saja. Tapi, dengan sentuhan teknologi, produk kebudayaannya jadi mendunia. Film dan musik Koren dikenal luas hingga ke Nusantara. Sebaliknya, kebudayaan Nusantara kalah bersaing di pasar global.

Baca Juga: Pengesahan RUU IKN Dihujani Interupsi Tapi Tetap Dilanjut, Ketua DPR Puan: Setelah Ini ya Bapak-bapak!

"Cara pemasaran budaya dan pertunjukan harus melalui teknologi. Saya tunggu kaum muda yang bisa mengekspresikan bidang budaya melalui teknologi, ayo kolaborasi dengan saya. Semampu mungkin saya akan bantu untuk promosi," seru Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan (Korkesra) itu.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI