Fadli Zon: IPU ke-144 Bali akan Terapkan Sistem Bubble

Fabiola Febrinastri
Fadli Zon: IPU ke-144 Bali akan Terapkan Sistem Bubble
Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon. (Dok: DPR)

Sistem ini sudah digunakan dalam rangka G20.

Suara.com - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon mengatakan, kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, dimana Indonesia sebagai tuan rumah akan menggunakan sistem bubble atau gelembung, yakni para peserta nantinya akan disesuaikan dengan gelembung atau grupnya, sehingga tidak perlu ada karantina dengan sistem bubble itu.

Fadli menyampaikan hal tersebut dalam Embassy Briefing on the occasion of 144th Inter-Parliamentary Union Assembly hosted by the House of Representatives of the Republic of Indonesia, di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Sebagaimana diketahui, IPU ke-144 akan digelar pada 20-24 Maret 2022 mendatang.

“Sistem ini sudah digunakan dalam rangka G20, dan sebelumnya juga pada kegiatan olahraga cabang bulutangkis dan juga MotoGP. Mudah-mudahan sistem ini bisa mempermudah orang untuk tidak perlu karantina, karena kalau dengan karantina akan habis waktunya,” ucap Fadli.

Baca Juga: 1 Tahun Kudeta Militer, Fadli Zon Desak Pemulihan Demokrasi di Myanmar

Meski demikian, tambah politisi Partai Gerindra tersebut, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap akan dilakukan secara ketat, seperti swab rutin baik PCR ataupun antigen kepada seluruh delegasi. Fadli pun berharap acara IPU ini akan menjadi salah satu momen penting bagi Parlemen Indonesia.

“Isu utama yang akan dibahas dalam IPU ke 144 ini adalah tentang bagaimana menggerakkan parlemen untuk ikut aktif didalam mengatasi persoalan climate of change, global warming dan hasil-hasil dari COP26 di Glasgow kemarin,” pungkas anggota Komisi I DPR RI tersebut.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI