BKSAP: Perlu Kerja Sama Seluruh Pihak untuk Perkuat Diplomasi Parlemen

Fabiola Febrinastri
BKSAP: Perlu Kerja Sama Seluruh Pihak untuk Perkuat Diplomasi Parlemen
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera. (Dok: DPR)

DPR RI juga memiliki Alat Kelengkapan Dewan.

Suara.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera memimpin Tim Kunjungan Kerja BKSAP ke Provinsi Riau, dalam rangka mensosialisasikan BKSAP Sustainable Development Goals (SDGs) Day untuk membangun sinergi dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam peran starategis diplomasi parlemen DPR RI melalui dunia pendidikan dan pertukaran budaya.

Mardani mengatakan, tujuan BKSAP SDG's Day yaitu untuk mendiseminasikan fungsi, peran serta tugas BKSAP DPR RI, menyerap aspirasi, ide-ide inovatif dari berbagai pihak mengenai diplomasi parlemen.

“Maksud sosialisasi BKSAP DPR RI ini juga untuk membangun sinergi dan kerja sama pemda dan universitas dalam peran starategis diplomasi parlemen DPR RI melalui dunia pendidikan dan pertukaran budaya, sehingga dapat memperkuat diplomasi parlemen,” kata Mardani, di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Jumat (11/2/2022).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, area sasaran diplomasi parlemen salah satunya yang menjadi fokus pada forum sosialisasi ini, yaitu pembangunan berkelanjutan atau SDG's. Hal tersebut sudah dideklarasikan pada September 2015 ditargetkan 2030 dan sudah tercapai.

Baca Juga: Komisi V Pantau Perkembangan Pembangunan Stasiun dan Rel Ganda Rancaekek

“SDG'S adalah kerangka yang sudah disepakati oleh PBB untuk diterapkan di seluruh negara anggota PBB, dan di antara 17 yang masuk dalam kategori SDG's yaitu pendidikan dan kebudayaan,” imbuh Mardani.

“Tiga hal yang mengemuka, yaitu bagaimana BKSAP bisa menjadi jembatan yang efektif bagi pemda maupun kampus untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan parlemen yang ada di luar negeri melalui peran diplomasinya BKSAP,” jelas anggota Komisi II DPR RI itu.

“Kedua, kami mendapat banyak sekali masukan yang ini akan coba kami salurkan sesuai dengan proporsi masing-masing, baik itu melalui Komisi I sampai Komisi XI ataupun alat kelengkapan dewan yang lainnya. Terakhir, yang ketiga, kami menawarkan bagi yang ingin magang bisa ikut magang. Walaupun cukup jauh, tapi Insya Allah itu salah satu yang bisa membuat jendela baru bagi waktu sesuai mahasiswa yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya,” terang legislator dapil DKI Jakarta I itu.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, pihaknya mendukung yang menjadi keinginan dari BKSAP. Selain tiga fungsi yang sudah dijalankan, DPR RI juga memiliki Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang menjalankan diplomasi parlemen di luar negeri, yakni BKSAP. Hal ini bermanfaat, karena DPR RI mempunyai jangkauan sampai ke luar negeri.

“Oleh karena itu, kita berharap bisa menangkap mengambil nilai manfaat itu baik dari segi pendidikan maupun dari segi yang lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Masuk ke Paripurna Hari Ini, Mardani PKS: Merevisi UU PPP Tindakan Salah Kaprah

“Dengan membangun komunikasi melalui rekayasa opini harapan kita tentu nanti dengan setelah disosialisasikan ini apa yang tadi disampaikan aspirasi-aspirasi baik dari para dosen dan mahasiswa itu bisa diserap oleh BKSAP DPR RI untuk bisa diseleksi apa yang kira-kira menjadi efektif bisa dikomunikasikan di tingkat yang lebih atas, saya kira itu harapannya,” tandasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI