Panen Raya Ikan, Gus Muhaimin Canangkan Indonesia Mandiri Kebutuhan Protein dan Karbohidrat

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Panen Raya Ikan, Gus Muhaimin Canangkan Indonesia Mandiri Kebutuhan Protein dan Karbohidrat
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menghadiri panen raya sekaligus melepas bibit ikan nila di Kolam Kalungguhan, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu 27 Maret 2022. (Dok: DPR)

"Saya akan berusaha agar kita tidak impor lagi dalam memenuhi kebutuhan kita,"

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menghadiri panen raya sekaligus melepas bibit ikan nila di Kolam Kalungguhan, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu 27 Maret 2022.

"Kita akan memanen ikan sekaligus melepas bibit ikan nila. Ini bukti bahwa kita siap mandiri memberi kebutuhan protein kita semua. Dari sini kita sama-sama bertekad, insya Allah Indonesia akan selalu mandiri protein dan pangannya," kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin mengaku akan berusaha agar Indonesia tidak melakukan impor baik untuk yang memenuhi kebutuhan protein maupun karbohidrat yakni dengan memanfaatkan potensi yang ada di berbagai daerah penghasil.

"Saya akan berusaha agar kita tidak impor lagi dalam memenuhi kebutuhan kita. Kita semua memiliki kebutuhan karbohidrat, padi beras, singkong, dan semua karbohidrat lainnya. Kita juga punya protein baik ikan tawar maupun laut dan protein lainnya. Insya Allah kita harus memanfaatkan segala potensi untuk kemandirian pangan kita, " Ungkapnya.

Baca Juga: Putu Supadma: Parlemen Dunia Apresiasi Penyelenggaraan Sidang IPU ke-144

Untuk itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu mencanangkan program Indonesia mandiri dalam bidang karbohidrat dan protein.

"Dari desa Utama ini, kita canangkan Indonesia mandiri dalam bidang karbohidrat dan protein," katanya.

Usai memberikan sambutan, Gus Muhaimin memberikan bibit ikan nila kepada pembudidaya yang tergabung dalam kelompok Budidaya Ikan Rakyat.

Turut mendampingi, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid, Yanuar Prihatin, serta sejumlah Anggota DPRD Provinsi-Kabupaten dari Fraksi PKB.

Acara itu juga dihadiri para pembudiya ikan nila, tokoh masyarakat setempat serta ratusan masyarakat wilayah Cijeunjing yang sangat antusias mengikuti Acara Panen Raya Budidaya Ikan di sana.

Baca Juga: Sidang IPU ke-144 Berakhir Sukses, Hafisz Tohir: Kebanggaan Bangsa Indonesia


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI