Awasi Pelaksanaan Haji 2022, Gus Muhaimin: Semua Berjalan Lancar

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Awasi Pelaksanaan Haji 2022, Gus Muhaimin: Semua Berjalan Lancar
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). (Dok: DPR)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai pelaksanaan haji kali ini secara keseluruhan berjalan cukup baik dan tanpa hambatan signifikan.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengapresiasi pelaksanaan haji 2022. Hal ini ia sampaikan saat mengikuti rapat koordinasi dengan Amirul Hajj dan tim pengawas haji di Hotel Retaj al Rayyan, Makkah, Selasa 5 Juli 2022.

“Setelah dua tahun pandemi, kita bersyukur semua kita monitor, kita ikuti. Semua berjalan lancar. Berbagai hambatan di lapisan paling bawah tidak muncul,” ujar Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai pelaksanaan haji kali ini secara keseluruhan berjalan cukup baik dan tanpa hambatan signifikan.

Meski begitu ia mengakui masih ada beberapa isu di level elite, khususnya terkait visa furada dan penambahan kuota 10 ribu yang sempat ramai beberapa waktu yang lalu. "Di lapisan elite agak muncul sedikit isu furada. Tapi semua liku-liku, semua lancar. Penambahan mendadak kuota 10 ribu itu juga bisa kita putuskan dengan cepat,” ujarnya.

Baca Juga: Gus Miftah Selfie Saat Thawaf Viral di Tiktok, Helmi Felis Tak Habis Pikir

Oleh sebab itu, keponakan Gus Dur ini mengapresiasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta seluruh petugas haji yang sudah bekerja dengan baik memastikan kelancaran pelaksanaan haji tahun ini. “Kita apresiasi seluruh petugas dari yang paling bawah sampai menteri semua berkoordinasi dan terawasi dengan baik,” terangnya.

Gus Muhaimin menyatakan, undang-undang tentang pelaksanaan haji yang memerintahkan pemerintah menjadi pelaksana haji masih sangat relevan dan efektif. Sistem pelaksanaan haji tahun 2022 yang dikelola pemerintah disebutnya masih sangat relevan.

“Kita bersyukur pelaksanaan haji kita semakin baik. Jamaah dapat subsidi yang bagus dari seluruh sistem yang ada. Ini bukti UU kita masih sangat relevan sembari mengantisipasi perubahan cara kerja Arab Saudi yang terus berubah," ungkapnya.

"Ini momentum kita semua bahwa sistem yang kita pilih di mana negara terlibat langsung menjadi bagian pelaksana utama seluruh pelaksanaan haji terus diuji sejarah,” tutup Gus Muhaimin.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Kader PDIP Gotong Royong di Pemilu 2024: Enggak ada Lagi yang Mau Berantem-berantem di Sini


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI