HUT RI ke 77 Dinilai Jadi Momentum Pengingat Optimisme Anak Bangsa

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
HUT RI ke 77 Dinilai Jadi Momentum Pengingat Optimisme Anak Bangsa
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani. (Dok: DPR)

Optimisme sebagai negara yang semakin maju dan berdaulat harus menjadi energi seluruh anak bangsa.

Suara.com - Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani menilai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia merupakan momentum pengingat optimisme seluruh anak bangsa untuk terus maju dan berkembang. Dia mengaku optimis Indonesia akan terus maju sebagai bangsa yang besar dan disegani. 

“Capaian-capaian yang selama ini diraih di tengah tantangan pandemi COVID-19, situasi global akibat konflik Rusia dan Ukraina serta ketegangan negara besar seperti China dan Amerika memperlihatkan modal besar bangsa Indonesia untuk terus berkembang menjadi bangsa maju,” kata Christina saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Dia menilai Indonesia saat ini adalah bangsa yang makin kuat, percaya diri dan optimis sehingga seluruh elemen harus bahu membahu dalam semangat persatuan dan gotong royong memastikan segala tantangan di bidang kesehatan, ekonomi dan pertahanan serta keamanan bisa diatasi dengan baik.

Menurut dia, optimisme sebagai negara yang semakin maju dan berdaulat harus menjadi energi seluruh anak bangsa.

Baca Juga: Bangga Rayakan HUT RI Ke-77, Amanda Manopo: Saya Terkenal karena Tinggal di Indonesia

Dia mengatakan, modal dasar persatuan dalam keberagaman, rasa cinta tanah air, solidaritas sosial yang tinggi sesama anak bangsa adalah kekuatan dasar yang harus terus dipupuk.

“Jika kita merefleksikan ulang bagaimana bangsa ini mampu melewati pandemi dengan catatan internasional sebagai salah satu yang terbaik, itu tidak terlepas dari modal dasar bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Christina menilai, terkait isu pertahanan, keamanan dan politik luar negeri, Indonesia semakin memperlihatkan jatidirinya sebagai negara berdaulat, tidak mudah didikte dan ingin memberi peran lebih di kancah internasional.

Dia menilai, upaya memastikan postur pertahanan ideal dengan pemenuhan kebutuhan minimum (MEF) terus ditingkatkan sambil mendorong kemandirian industri pertahanan dalam negeri. 

“Di sisi lain dengan dinamika global dan regional yang terus terjadi Indonesia mampu memainkan peran optimal dengan prinsip politik luar negeri bebas aktif. Ini semua capaian baik yang pantas kita apresiasi dan syukuri,” katanya.

Baca Juga: Mengenang Sosok Fatmawati, Ibu Negera Istri Bung Karno Sang Penjahit Bendera Merah Putih

Christina juga mengingatkan pentingnya bangsa Indonesia memastikan nilai-nilai Pancasila terjaga dengan baik dan diimplementasikan dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, Pancasila adalah kekuatan bangsa Indonesia dan nilai agama, kemanusiaan, persatuan dalam keberagaman, demokrasi, dan cita-cita keadilan sosial tetap menjadi pegangan yang tidak boleh luntur. 

“Di tengah dinamika dalam negeri apalagi menjelang tahun politik saya sepakat jangan sampai politik justru memperlemah kita sebagai bangsa akibat perpecahan,” katanya:

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, Indonesia harus semakin matang dalam berdemokrasi dan seluruh elemen bangsa harus jaga bersama Indonesia yang merdeka dengan semangat optimisme tinggi dengan terus merawat nilai-nilai Pancasila.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI