Demer Apresiasi Ratusan Anak Muda di Bali Ternyata Berminat Jadi Pengekspor

Fabiola Febrinastri
Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih. (Dok: DPR)
Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih. (Dok: DPR)

Demer terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM Bali.

Suara.com - Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, yang akrab disapa Demer terkejut dengan antusias dan minat ratusan lebih anak muda yang mendaftar dalam Forum Koordinasi Pengembangan Ekspor Fasilitasi UKM Go Global, di Denpasar Bali, Jumat 14 Oktober 2022. Acara ini digelar Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

“Ini menggembirakan hati saya. Yang awalnya saya perkirakan 100 orang, namun ternyata yang daftar mencapai 170 orang. Semoga negara kita mampu lebih banyak dalam mengekspor produknya, sehingga kita berjaya, perdagangan kita bisa positif, akhirnya Indonesia akan maju, terutama Bali,” ungkap Demer, Jumat (14/10/2022).

Demer terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM Bali, agar bisa Go Global dan termbus pasar ekspor. 

Acara tersebut membahas cara-cara ekspor dan cara agar produk UMKM bisa menjadi komoditas ekspor. 

Baca Juga: Aksi Irjen Teddy Minahasa Jual Sabu Sitaan Disemprot DPR: Miris dan Memalukan

Demer mengatakan, pihaknya ingin memberikan edukasi dan pemahaman kepada para peserta pelaku UMKM yang rata-rata anak muda, yang benar-benar ingin menjadi pemasar dan pengekspor yang tangguh. 

“Saya mengadakan seminar dengan Departemen Perdagangan di Denpasar, membahas cara-cara ekspor dan upaya menjadikan produk yang bisa menjadi komoditas ekspor bersama dengan teman-teman dari perdagangan, termasuk juga dari Eksport Center Surabaya dan praktisi, yang akan menerangkan kepada para peserta yang rata-rata saya lihat  anak muda , yang benar-benar ingin mengembangkan dirinya untuk menjadi pemasar yang tangguh, untuk menjadi pengekspor yang tangguh,” kata Politisi Senior Partai Golkar tersebut. 

Acara tersebut diikuti ratusan peserta dari kalangan pelaku UMKM dan mahasiswa. Tampak hadir pula tokoh milenial Bali, pengusaha muda yang juga bakal calon DPD RI dari Bali, Arsa Linggih.

Demer berharap, UMKM Indonesia, khususnya Bali, bisa lebih banyak lagi dalam mengekspor produknya, sehingga perdagangan bisa tumbuh positif dan pada akhirnya Indonesia bisa maju terutama Bali. 

Menurut Demer, orang Bali sangat kreatif dan inovatif, sehingga ia yakin, mereka akan mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif dan kreatif mengikuti perubahan zaman yang nantinya akan diminati seluruh dunia.

Baca Juga: Kang Dedi Pesan Jangan Pinjamkan Handuk, Sabun, dan Odol


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI