Sufmi Dasco Minta Ada Kajian dan Berantas Tegas Pinjol Ilegal

Fabiola Febrinastri
Sufmi Dasco Minta Ada Kajian dan Berantas Tegas Pinjol Ilegal
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Dok: DPR)

Ada indikasi penipuan di dalam kasus tersebut.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi kasus 116 mahasiswa IPB dan beberapa kampus lain yang terjerat kasus peminjaman online (pinjol) ilegal. Dasco menegaskan, pinjol ilegal harus diusut diberantas secara tuntas oleh aparat penegak hukum terkait.

Ia meminta komisi terkait di DPR harus mengkaji mengenai penanganan kasus tersebut. Sebab menurutnya, ada indikasi penipuan di dalam kasus tersebut.

“Saya pikir sikap DPR, sudah jelas dari dulu bahwa pinjol pinjol illegal ini harus diusut dan diberantas secara tuntas oleh aparat penegak hukum. Oleh karena itu, kami akan minta kepada komisi teknis terkait untuk melakukan kajian, ” ujar Dasco pada wartawan di gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Ia pun menegaskan sikap DPR terhadap pinjol ilegal yang harus diberantas oleh aparat penegak hukum, agar kejadian serupa tak kembali terulang.

Baca Juga: Terjerat Pinjol Sampai Miliaran, Ratusan Mahasiswa IPB Dikejar Debt Collector Sampai ke Kampus

“Juga kami mengimbau kepada aparat penegak hukum, Kapolri, serta OJK tentunya untuk pinjol ilegal ini supaya diberantas,” ujar Politisi Partai Gerindra itu.

Karena itu, ia menilai, implementasi Undang-Undang Perlindungan Data yang telah disahkan oleh DPR bersama Pemerintah beberapa waktu lalu, masih perlu waktu untuk sosialisasi. Ia menilai, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah dengan aparat penegak hukum guna meredam kasus peretasan dan jual beli data di masyarakat.

“Perlu kerjasama yang baik, antara Menkominfo dengan aparat penegak hukum. Komisi I saya dengar ada agenda untuk melakukan pembahasan terkait hal yang masih terjadi di lapangan. Saya pikir dengan Undang-Undang yang baru disahkan (UU PDP) perlu sosialisasi untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terjadi,” tutupnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI