Sufmi Dasco Minta Pemerintah Perhatikan Ketersediaan Vaksin Polio

Fabiola Febrinastri
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Dok: DPR)

Kemenkes juga merencanakan percepatan vaksinasi polio di seluruh Kabupaten dan Kota Aceh.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah memperhatikan ketersediaan vaksin polio terhadap anak-anak. Hal ini sebagai respon munculnya atas temuan kasus infeksi virus polio yang menyerang seorang anak berusia 7 tahun di Pidie, Aceh, yang pada akhirnya memaksa Indonesia harus mengumumkan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) polio di dalam negeri.

“Walaupun hanya ditemukan sedikit kasus, tapi menurut saya, ini vaksin polio ini sangat diperlukan, terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu, kita minta kepada pemerintah, selain konsentrasi kepada vaksin COVID tentunya, untuk vaksin polio ini agar lebih ditingkatkan lagi, terutama di daerah-daerah yang sudah kira-kira terdeteksi ada penyebarannya di situ,” kata Dasco, kepada wartawan di Komplek Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan rencana vaksinasi massal atau Outbreak Response Immunization (ORI) di Pidie, Aceh, pada 28 November 2022. Rencana pelaksanaan vaksinasi ini merupakan buntut penemuan 1 kasus polio di daerah tersebut.

Selanjutnya, pihak Kemenkes juga merencanakan percepatan vaksinasi polio di seluruh Kabupaten dan Kota Aceh yang diselenggarakan pada 5 Desember 2022 mendatang. Saat ini, pihak Kemenkes sedang berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai pelaksanaan vaksin tersebut.

Baca Juga: Nasib RUU Perlindungan PRT Masih Menggantung


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI