Lodewijk: DPR Akan Gelar Paripurna Khusus Pengesahan Calon Panglima TNI

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Lodewijk: DPR Akan Gelar Paripurna Khusus Pengesahan Calon Panglima TNI
Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus saat diwawancarai oleh para wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022). (Dok: DPR)

Setidaknya masih ada dua kali rapat yang akan digelar sebelum reses.

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus menyampaikan DPR akan menggelar rapat paripurna dengan agenda tunggal dalam waktu dekat. Rapat Paripurna tersebut dilakukan untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono, sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Kita akan Rapat Paripurnakan khusus untuk pengesahan Panglima TNI dalam waktu dekat. Jadi acara tunggal hanya untuk pengesahan Panglima TNI, acara tunggal," ujar Lodewijk kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Lodewijk mengatakan, setidaknya ada dua kali rapat Paripurna akan dilakukan menjelang masa reses pada pertengahan bulan ini. Kedua Rapat Paripurna tersebut yakni pengesahan pertimbangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Marguno menjadi calon panglima TNI serta Pidato Penutupan Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Insya Allah kita masih ada dua paripurna lagi ya," katanya.

Baca Juga: Kritik Pelaksanaan Rapat Pengesahan RKUHP, Massa Pendemo Dirikan 2 Tenda di Depan Gedung DPR

Kendati demikian, Politisi dari Fraksi Golkar ini belum bisa memastikan waktu pelaksanaan Rapat Paripurna khusus untuk pengesahan calon Panglima TNI. Sebelumnya, rapat internal Komisi I DPR RI pada Jumat (2/12/2022) menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Kesepakatan itu diputuskan setelah Laksamana Yudo Margono menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Rapat Internal Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR mengapresiasi dedikasi Jendetal Andika karena telah memajukan institusi TNI.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI