Turis Berulah di Bali, Gus Muhaimin Minta Imigrasi Perketat Pintu Masuk

Fabiola Febrinastri
Turis Berulah di Bali, Gus Muhaimin Minta Imigrasi Perketat Pintu Masuk
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Tindakan tegas bagi WNA yang nakal perlu dilakukan demi menjaga marwah Indonesia.

Suara.com - Gus Muhaimin Minta Imigrasi Perketat Pintu Masuk dan Awasi Turis

Gus Muhaimin Soal Turis Doyan Berulah: Jangan Sungkan Proses Hukum-Deportasi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) turut geram dengan maraknya fenomena Warga Negara Asing (WNA), yang belakangan viral karena kerap berkelakuan negatif di Bali.

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu pun mendorong Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi serius mengusut hal tersebut dan memperkuat upaya pemantauan terhadap wisatawan asing yang datang ke Indonesia, khususnya ke Bali.

Baca Juga: Prabowo Subianto bertemu Muhaimin Malam-malam, Ini yang Dibahas

"Saya lama-lama kok makin risih saja, lihat kelakuan sejumlah turis di negara kita, terutama di Bali. Mereka itu tamu, jadi harus ikuti aturan di sini. Saya minta pak menteri pariwisata dan Dirjen Imigrasi mengusut itu secepatnya, perketat lagi siapapun yang masuk ke negara kita," kata Gus Muhaimin, dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Menurut Gus Muhaimin, tindakan tegas bagi WNA yang nakal perlu dilakukan demi menjaga marwah Indonesia. Terlebih ia menilai Bali bukan saja daerah wisata biasa, namun banyak mengandung unsur adat dan budaya yang harus dihormati siapapun.

"Kita harus tegas demi marwah Indonesia, jangan sungkan proses hukum dan deportasi kalau ada WNA yang nakal-nakal, apalagi di Bali yang bukan cuma tempat wisata biasa, tapi di situ banyak tempat religius, adat dan budaya yang kuat," tegas Gus Muhaimin.

Di sisi lain, Gus Muhaimin juga mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meminta seluruh pimpinan lembaga, instansi, ataupun para pedagang dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berhati-hati dan lebih ketat dalam menyeleksi WNA yang ingin bekerja atau melakukan usaha.

"Jangan asal dibolehkan kalau ada WNA mau buka usaha secara ilegal, seleksi dulu dengan ketat. Dan saya pikir Pemda perlu turun tangan juga, prioritaskan pemberdayaan masyarakat lokal ketimbang WNA," tukas Gus Muhaimin.

Baca Juga: 'Kita Sudah Kontrak Politik' Dasco Bocorkan Pertemuan Prabowo dan Cak Imin pada 1 Maret

Beberapa kejadian yang menyita perhatian publik di destinasi wisata Tanah Air, belakangan ini didominasi oleh turis Rusia dan Ukraina. Mereka disebut melancong ke sejumlah negara untuk menghindari perang, termasuk ke Indonesia.

Namun, di Indonesia mereka justru kedapatan melakukan pelanggaran aturan hingga merusak lingkungan tempat wisata. Selain itu, di tempat-tempat yang suci dan sakral, turis-turis asing tersebut dinilai tidak menghormati adat dan norma.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI