Apresiasi Realisasi Pembangunan Waterfront Sintang, Ketua Komisi V: Terimakasih Menteri PUPR

Fabiola Febrinastri
Apresiasi Realisasi Pembangunan Waterfront Sintang, Ketua Komisi V: Terimakasih Menteri PUPR
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani, di Kabupaten Sintang, Kalimatan Barat (Kalbar). (Dok: DPR)

Lokasi Waterfront Sintang berada tepat di bantaran Sungai Durian.

Suara.com - Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus mengapresiasi realisasi pembangunan Waterfront Sintang, yang berfungsi untuk mengantisipasi banjir dan longsor di sepanjang tepian Sungai Kapuas, di Kabupaten Sintang, Kalimatan Barat (Kalbar).

Menuurtnya, pembangunan waterfront itu berawal dari aspirasi yang disampaikannya langsung kepada Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, saat melakukan kunjungan kerja di Sintang, beberapa tahun lalu.

"Realisasi pembangunan Waterfront Sintang ini telah menjadi wajah baru bagi kota Sintang. Segala upaya dalam mendorong percepatan serta realisasi pembangunannya sudah terbayar kan sekarang. Tepian sungai yang awalnya terlihat kumuh dan tidak tertata, kini telah berubah total. Terimakasih Pak Mentri PUPR," ujar Lasarus kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya di jakarta, Senin (20/3/2023).

Lasarus yang juga Ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Kalbar itu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Kalbar, khususnya Kabupaten Sintang, yang selama ini turut serta mendukung proses pembangunan Waterfront Sintang.

Baca Juga: Terima Penghargaan PR Indonesia, Gus Muhaimin Apresiasi Biro Pemberitaan DPR

Menurutnya, kekhawatiran bencana banjir dan longsor akibat abrasi dari sungai Kapuas, saat ini telah berkurang.

"Abrasi yang terus terjadi tiap tahun di tepian Sungai Kapuas cukup rawan bagi penduduk Kota Sintang, terutama di wilayah padat penduduk seperti di Menyumbung dan Masuka hingga Pasar Sungai Durian Sintang. Sekarang semua sudah berubah kekhawatiran itu sudah berubah menjadi kebahagiaan," jelasnya.

Sebelumnya, Minggu (19/3/2023), Ketua DPR RI, Puan Maharani meresmikan Waterfront Sintang, Kalimantan Barat. Ia berpesan, agar peningkatan infrastruktur tersebut harus menjadi simbol pemicu kemajuan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sintang.

Puan datang didampingi oleh Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, yang juga merupakan legislatif dari Dapil Kalimantan Barat 2. Ketika tiba, Puan langsung menuju papan informasi proyek Waterfront Sintang dan berfoto dengan latar Bukit Kelam dan Saka Tiga.

"Saat dalam perjalanan menuju Waterfront saya bertanya ke Pak Lasarus. Kalau datang ke Sintang harus lihat apa? Beliau menyebutkan yaitu Gunung Kelam yang ada di belakang saya ini. Makanya ketika datang, saya langsung foto dengan dengan latar sungai dan Gunung Kelam," ucap Puan saat peresmian.

Baca Juga: Rachmat Gobel Desak Pemerintah Segera Hentikan Impor Pakaian Bekas

Lokasi Waterfront Sintang berada tepat di bantaran Sungai Durian, yang terletak di Saka Tiga (pertigaan) dengan arah timur sungai menuju Kecamatan Kapuas, arah Selatan ke Kecamatan Melawai, dan arah Barat menuju hilir di Pontianak.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI