Infrastruktur dan Transportasi Harus Baik Jelang Lebaran

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Infrastruktur dan Transportasi Harus Baik Jelang Lebaran
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae beserta rombongan saat meninjau kesiapan infrastruktur dan sarana transportasi dalam rangka menyambut arus mudik lebaran di Stasiun Tugu Yogyakarta. (Dok: DPR)

Sarana prasarana angkutan transportasi harus dipastikan baik.

Suara.com - Tim Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) untuk meninjau kesiapan infrastruktur dan sarana transportasi di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo. Kunspik tersebut bagian dari pengawasan yang dilakukan Komisi V dalam rangka menyambut arus mudik lebaran tahun 2023. Peninjauan ini dipandang penting untuk kenyamanan dan keselamatan para pemudik.

Ketua Tim Kunspik Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menilai otoritas stasiun dan bandara di Yogyakarta sudah menyiapkan sarana dan fasilitas yang memadai untuk menyambut musim mudik lebaran tahun ini. Angka pemudik ke Yogyakarta juga diperkirakan naik dari tahun sebelumnya. Mengutip sumber Kemenhub, Ridwan mengungkapkan, pada lebaran tahun 2023 ini, diperkirakan potensi mobilitas masyarakat Indonesia sebesar 123,8 juta dan di Provinsi DIY sebesar 5,8 juta.

"Langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah pada mudik lebaran tahun 2023, memastikan sarana prasarana infrastruktur dan transportasi berfungsi dengan baik," seru Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu di hadapan otoritas bandara dan kereta api di Yogyakarta, Kamis (30/3/2022).

Politisi Fraksi Partai Golkar ini berharap persiapan jalan nasional dan jalan tol harus prima, begitu juga pelayanan kepada masyarakat. Ia menambahkan, sarana prasarana angkutan transportasi harus dipastikan baik. Pemerintah juga diimbau menyosialisasikan ketertiban arus mudik kepada masyarakat.

Baca Juga: 18 Agustus Kereta Cepat Bandung Diresmikan

"Melalui Kunjungan Kerja Spesifik pada hari ini, Komisi V DPR RI ingin melihat dan mendengarkan secara langsung dari masyarakat mengenai persiapan mitra Komisi V DPR RI berkenaan kegiatan persiapan mudik lebaran tahun 2023, agar masyarakat yang mudik lebaran 2023 dapat terlayani dengan baik keamanan, keselamatan, dan kenyamanannya," imbuhnya lagi. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI