Mulyanto Minta PLN Banten Pastikan Ketersediaan Energi Listrik Saat Idulfitri

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Mulyanto Minta PLN Banten Pastikan Ketersediaan Energi Listrik Saat Idulfitri
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto (kiri) memimpin Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) di Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (30/3/2023). (Dok: DPR)

Jaminan pemenuhan dan kebutuhan listrik bagi masyarakat selama pelaksanaan bulan Ramadan dan Idulfitri harus menjadi perhatian.

Suara.com - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengatakan bahwa PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Banten perlu mengantisipasi dan memastikan ketersediaan energi listrik. Hal itu perlu dilakukan, terutama saat hari besar keagamaan, misalnya di saat hari raya Idulfitri tahun ini.

“Karena itu merupakan tugas pemerintah untuk dapat menjamin ketersediaan energi kepada masyarakat dalam setiap situasi  hari-hari besar nasional maupun hari-hari  besar keagamaan, seperti lebaran besok,” katanya usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) di Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (30/3/2023).

Legislator Fraksi PKS itu melanjutkan bahwa konsekuensi momen besar umat beragama adalah terjadinya peningkatan konsumsi bahan bakar minyak, gas, maupun listrik menjelang hari raya Idulfitri. Hal ini tentunya harus diantisipasi dengan baik mengingat dalam dua bulan terakhir ini terjadi krisis energi secara global akibat kondisi geopolitik yang sedang dihadapi.

“Jaminan pemenuhan dan kebutuhan listrik bagi masyarakat selama pelaksanaan bulan Ramadan dan Idulfitri harus menjadi perhatian. Oleh karena itu, penting untuk Dirjen Ketenagalistrikan dan Kementerian ESDM RI bersama dengan PT PLN mengoptimalkan kesiagaan dan kesiapan instalasinya serta memperkecil kemungkinan gangguan pelayanan agar warga dapat melaksanakan ibadah puasa dan merayakan idul fitri dengan khidmat,” jelas Legislator Dapil Banten III itu.

Baca Juga: Berani Gertak Mahfud MD, Ini Daftar Kontroversi Arteria Dahlan

Di kesempatan yang sama, Direktur Distribusi PT PLN Adi Priyanto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pasokan listrik dan sudah menetapkan masa siaga yaitu H-7 sampai dengan H+7 yaitu pada tanggal 15 sampai dengan 29 April 2023. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI