Pinjol Ilegal Marak, Literasi Keuangan Masyarakat Perlu Diperkuat

Fabiola Febrinastri
Pinjol Ilegal Marak, Literasi Keuangan Masyarakat Perlu Diperkuat
Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia. (Dok: DPR)

Karena pengajuan pinjaman diperbankan sulit, maka masyarakat mencari alternatif lain.

Suara.com - Banyak pinjaman online (pinjol) dan investasi ilegal bertebaran di media sosial, namun tawaran menggiurkan itu dapat menjadi jerat apabila masyarakat tidak mendapatkan edukasi. Untuk itu, anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia meminta Otoritas Jada Keuangan (OJK) untuk terus menyosialisasikan literasi keuangan kepada masyarakat.

“Edukasi perlu dilakukan secara rutin untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Karena jika tingkat literasi keuangan tinggi maka masyarakat tidak akan terjerat pinjaman online ilegal,” kata Indah saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RU dalam rangka pengawasan terhadap mitra kerja yaitu OJK, BNI, BRI, BANK mandiri, BTN, dan Bank Jawa Timur di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Kamis (6/4/2023). 

Legislator dari Dapil Jatim I itu mengatakan, platform pinjaman online ilegal meski sudah banyak yang ditutup oleh OJK, tetap marak di masyarakat. Praktik-praktik yang tidak bertanggung jawab dan meresahkan masyarakat ini perlu menjadi perhatian bagi industri jasa keuangan. 

“Perlu keberpihakan industri jasa keuangan khsusunya perbankan terhadap pembiayaan. Misalnya industri jasa keuangan  (perbankan) membuat program yang tidak mempersulit masyarat jika ingin meminjam,” tegas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Baca Juga: Apresiasi Lobi Erick Thohir di FIFA, DPR: Sudah Lolos dari Lubang Jarum, Jangan Diulang Kesalahan yang Sama

Pasalnya, karena pengajuan pinjaman diperbankan sulit, maka masyarakat mencari alternatif lain melalui pinjol, karena kemudahan yang diberikan. 

“Sekali lagi, perlu keberpihakan industri jasa keuangan khususnya perbankan terhadap pembiayaan, di mana kita sama-sama ingin memperkecil gap antara inklusi dan literasi,” tegasnya.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI