Anggota DPR Minta Polisi RW Jalankan Tugas Sesuai Koridor Hukum

Fabiola Febrinastri
Anggota DPR Minta Polisi RW Jalankan Tugas Sesuai Koridor Hukum
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. (Dok: DPR)

Mereka harus betul-betul menjalankan tugas untuk mengayomi dan melayani masyarakat.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menyoroti keberadaan Polisi RW yang dicanangkan Polri. Dia meminta, keberadaan Polisi RW dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan koridor hukum dan HAM.

Dia menilai, pada dasarnya, Program Polisi RW sangat baik dan inovatif, karena ada polisi di luar dari Bhabinkamtibnas yang langsung terjun di masyarakat. 

"Namun dalam prosesnya di lapangan nanti, saya meminta agar personil polisi RW ini berhati-hati dan menjalankan tugas sesuai koridor kumham. Artinya jangan sampai terjadi penyelewengan yang justru mencoreng nama Polri di masyarakat," kata Sahroni di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Sahroni mengingatkan para Polisi RW nantinya akan menjadi "ujung tanduk" dari hubungan Polri dan masyarakat. Mereka harus betul-betul menjalankan tugas untuk mengayomi dan melayani masyarakat.

Baca Juga: Mundur dari Partai Golkar, Bagaimana Nasib Dedi Mulyadi di DPR?

“Nantinya, mereka yang akan sering berhubungan dengan masyarakat, jadi para polisi ini harus betul-betul bisa menjaga marwah Polri," ujarnya.

Politisi Partai NasDem itu mengingatkan, jangan sampai keberadaan Polisi RW justru mencoreng reputasi Polri yang saat ini sedang membaik.  Polisi RW harus benar-benar fokus pada mengayomi dan melayani masyarakat, tidak boleh ada tindakan macam-macam.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI