Komisi VIII Harap Tambahan Kuota Haji Dimanfaatkan Sebaik-baiknya

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Komisi VIII Harap Tambahan Kuota Haji Dimanfaatkan Sebaik-baiknya
Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily saat Rapat Kerja dengan Kementerian Agama, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Dok: DPR)

Komisi VIII juga memberikan catatan kepada Kemenag dalam penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini.

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VIII, Ace Hasan Syadzily berharap kuota tambahan Jemaah Haji sebanyak 8.000 jemaah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah. Tentunya dengan tetap menitikberatkan pada pelayanan yang terbaik bagi Jemaah Haji.

"Kita minta kepada kementerian agama untuk memanfaatkan kuota 8.000 tersebut sebaik-baiknya, dengan tetap menitikberatkan kepada pelayanan yang terbaik," ujar Ace kepada Parlementaria usai Rapat Kerja dengan Kementerian Agama, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Ace menambahkan, Komisi VIII juga memberikan catatan kepada Kemenag dalam penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini. Diantaranya adalah agar kuota tambahan 8.000 jemaah dapat diberikan kepada jemaah lanjut usia dan pendamping jemaah baik petugas maupun pendamping mandiri. 

"Kami juga tadi memberikan catatan agar kuota tambahan tersebut dipergunakan untuk jamaah haji lansia dan tentu harus didampingi oleh pendamping baik dari petugas maupun pendamping mandiri," imbuhnya.

Baca Juga: Ini Alasan Bukhori Yusuf Lolos Diproses MKD DPR usai Diduga KDRT Istri Muda

Diketahui, Komisi VIII dalam Raker dengan Kemenag pada Selasa (23/5/2023) menyetujui penambahan kuota Haji reguler sebanyak 7.360 jemaah dan penambahan kuota Haji khusus sebanyak 640 jemaah dan penggunaan nilai manfaat sebesar Rp288 miliar. Penambahan kuota Haji reguler tersebut, lanjut Ace tentu dengan konsekuensi dengan disertai penambahan anggaran.

"Jadi karena itu, kita harapkan dengan adanya tambahan persetujuan ini kita minta Kementerian Agama untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada para jamaah haji yang pada hari ini dan besok sudah mulai diberangkatkan dari seluruh Indonesia," harap Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut. 


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI