Timwas Apresiasi Kekompakan Jemaah Haji Asal Wajo, Sulawesi Selatan

Fabiola Febrinastri
Timwas Apresiasi Kekompakan Jemaah Haji Asal Wajo, Sulawesi Selatan
Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang. (Dok: DPR)

Mereka yang tadinya agak stres, setelah ada senam, ada edukasi, kembali ceria.

Suara.com - Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang mengapresiasi kekompakan jemaah haji asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Hal tersebut diungkapkan, saat Samsu Niang bersama Timwas Haji DPR RI mengunjungi pemondokan di Azizia, Kota Mekkah Sektor 3, yang dihuni jemaah haji asal Kabupaten Wajo dan berbagai daerah di seluruh Indonesia, Sabtu (24/6/2023).

"Saya kagumi di Kabupaten Wajo adalah inisiatif dari dokter melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, dengan mengumpulkan jamaah bersama dengan KBIH di tempat (hotel) itu dengan istilah 'yasi wajori' (gotong royong). Ini suatu hal yang sangat bagus sekali yang dilakukan oleh jemaah dari Kabupaten Wajo. Kita berikan apresiasi, semua kendala diatasi dengan cara yasi wajori dalam artian gotong royong," jelasnya.

"Saya kira kekompakan dan keceriaan dokternya, KBIH-nya siap dalam rangka wukuf di Arafah. Kita doakan, mudah-mudahan terlaksana pada saat wukuf di Arafah. Saya lihat komitmen mereka dengan konsep yasi wajori bagus sekali. Sakit sama-sama sakit, senang sama-sama senang. Kebersamaan yang paling diutamakan. Artinya, mental jemaah Wajo bagus dan mempengaruhi tingkat kesehatan juga," urai politisi PDIP ini.

Legislator Dapil Sulawesi Selatan II ini juga menerima laporan, ada senam yang dilakukan oleh dokter dan para lansia, sementara jumlah lansia terbesar di Sulawesi Selatan berasal dari Wajo. Mereka yang tadinya agak stres, setelah ada senam, ada edukasi, kembali ceria.

Baca Juga: Timwas Haji DPR Sorot Bus Ramah Lansia-Disabilitas Bagi Jemaah RI Masih Sedikit

Samsu Niang dan rombongan Timwas Haji DPR RI menemukan catatan. Pertama, di dalam satu kamar ada 6 orang, walaupun sebenarnya luasan kamarnya itu sudah cukup. Antrian ke WC sangat memperhatikan. Begitu juga terhadap sarapan pagi, yang mana lansia makan mi.

"Kami yakin, insyaallah kementerian agama bisa secepatnya mengambil antisipasi," tutup Samsu Niang.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI