Komisi XI Apresiasi OJK & Himbara atas Pertumbuhan Penyaluran Kredit UMKM Bali

Fabiola Febrinastri
Komisi XI Apresiasi OJK & Himbara atas Pertumbuhan Penyaluran Kredit UMKM Bali
Komisi XI DPR RI mengunjungi Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (6/12/2023). (Dok: DPR)

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Sophia Isabella Wattimena.

Suara.com - Anggota Komisi XI DPR RI, yang juga Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI, Eriko Sotarduga mengapresiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Himbara atas pertumbuhan penyaluran kredit perbankan kepada UMKM secara nasional yang tumbuh hingga 8,51 persen yoy. Secara khusus, ia juga mengapresiasi kinerja instansi-instansi tersebut atas pertumbuhan penyaluran kredit di Provinsi Bali.

“Sementara itu, penyaluran kredit kepada UMKM oleh perbankan di Bali (Bank Umum dan BPR) adalah sebesar 52,41 persen atau Rp54,55 triliun, dengan pertumbuhan sebesar 6,68 persen yoy (September 2023: 6,02 persen yoy),” ujar Eriko dalam menyampaikan sambutannya dalam kunjungan kerja Komisi XI di Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (6/12/2023).

Sekadar Informasi, tujuan kunjungan Komisi XI kali ini untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai peran OJK dan Himbara, sebagai mitra kerja Komisi XI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali, khususnya mendorong UMKM.

"Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ini merupakan bentuk komitmen nyata dalam menjalankan tugas konstitusional untuk mendengarkan suara masyarakat, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi di Tabanan, Provinsi Bali,” sebut Eriko.

Baca Juga: Anggota DPR Sebut Tarkam Jauh Lebih Penting Dibanding Naturalisasi

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Sophia Isabella Wattimena, Ketua Dewan Audit OJK, serta pejabat dan direksi dari Bank Himbara provinsi Bali. Dalam pertemuan ini, membahas isu-isu terkini terkait ekonomi daerah, pertumbuhan UMKM, dan peran institusi keuangan dalam mendukung sektor tersebut.

Lebih lanjut, Eriko mengungkapkan bahwa Kehadiran pejabat dan direksi dari Bank Himbara juga memberikan perspektif penting mengenai peran perbankan dalam mendukung sektor ekonomi, termasuk pelaku UMKM di Bali.

Ia berharap, diskusi ini dapat memberikan masukan untuk merumuskan kebijakan yang lebih efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI