Parlemen Indonesia Terus Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Forum APA Azerbaijan

Fabiola Febrinastri
Parlemen Indonesia Terus Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Forum APA Azerbaijan
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon. (Dok: DPR)

Fadli Zon juga pernah memimpin delegasi ke Sidang Darurat ke-5 Parlemen OKI.

Suara.com - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon kembali menyerukan dukungan Parlemen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan tersebut disampaikan dalam agenda Executive Council Meeting, dalam rangkaian The 14th Asian Parliamentary Assembly (APA) Plenary Session, di Baku, Azerbaijan, Rabu (21/2/2024).

"Jadi kami menyampaikan dukungan dari masyarakat Indonesia, baik itu dari pemerintah, presiden, parlemen dan seluruh rakyat Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina," ujar Fadli kepada Parlementaria, di sela-sela kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Fadli menambahkan, Parlemen Indonesia juga menjadi salah satu parlemen yang mendukung berdirinya Komisi Palestina dalam Organisasi Parlemen Asia (APA) tersebut. Di mana, saat membentuk Komisi Palestina dalam sidang Dewan Eksekutif APA di Antalya, Turkiye, pada (26-29/11/2023) lalu, Fadli dipilih menjadi pimpinan sidang.

"Kami juga termasuk yang mendukung terbentuknya Komisi Palestina di parlemen negara-negara Asia ini, ketika itu kebetulan saya yang memimpin di Antalya. Jadi kita berharap persoalan Palestina ini menjadi suara dari rakyat Asia dan terwakili oleh parlemen dari negara-negara Asia yang hadir pada kesempatan sidang ini di Baku Azerbaijan," lanjutnya.

Baca Juga: Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Kunjungi Fadli Zon untuk Pertemuan Bilateral

Selain itu, dalam forum tersebut, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga menyampaikan kondisi masyarakat Palestina yang semakin terdesak, di mana genosida yang dilakukan Israel belum juga menunjukkan tanda-tanda berhenti. Padahal dalam waktu dekat, masyarakat muslim Palestina akan memasuki bulan Ramadan.

Untuk itu, ia berharap Parlemen Asia juga terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

"Jadi kita berharap pada komunitas international termasuk melalui Parlemen Asia ini, akan ada satu suara yang semakin keras dan terutama kepada negara kita masing-masing untuk menyampaikan pada forum-forum eksekutif terutama di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan di forum-forum internasional dan regional lainnya," harapnya.

Dalam forum tersebut, Fadli juga didampingi oleh Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana, dan anggota BKSAP Kamrussamad.

Sebelumnya, Fadli Zon juga pernah memimpin delegasi ke Sidang Darurat ke-5 Parlemen OKI (Organisasi Konferensi Islam) atau PUIC (Parliamentary Union of OIC Countries). Agenda tersebut salah satunya menyelenggarakan pertemuan perdana Komisi Khusus Palestina Parlemen Asia atau APA (Asian Parliamentary Assembly), Teheran, Iran 10-11 Januari 2024.

Baca Juga: Fadli Zon: Petani se-Indonesia Dukung Prabowo Subianto

Terkait dukungan terhadap Kemerdekaan Palestina, Fadli Zon juga pernah melakukan kunjungan diplomasi ke Parlimen Malaysia yang diterima langsung oleh Ketua Parlimen Malaysia, Tan Sri Dato’ Johari Bin Abdul, yang salah satu agendanya adalah berdiskusi tentang situasi di Gaza, Palestina.

Kedua parlemen juga menyepakati komitmen untuk terus menyerukan kecaman terhadap aksi genosida dan pelanggaran HAM berat yang dilakukan Israel terhadap masyarakat Palestina di Gaza, Tepi Barat, dan Jerusalem Timur.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI