Puan Akan Bawa Isu Perdamaian dalam Sidang Umum Forum Parlemen Dunia di Swiss

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Puan Akan Bawa Isu Perdamaian dalam Sidang Umum Forum Parlemen Dunia di Swiss
Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok: DPR)

Parlemen harus memperkuat upaya kolektif untuk memastikan bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang mereka, hidup dalam damai.

Suara.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani akan menghadiri sidang umum Inter-Parliamentary Union (IPU) yang kali ini digelar di Swiss. Sidang umum forum parlemen dunia ke-148 tersebut akan membahas tema besar mengenai perdamaian dunia.

The 148th IPU Assembly akan berlangsung di Jenewa, Swiss, pada 23-27 Maret 2024. Seluruh badan hukum IPU, termasuk Dewan Pengurus, Komite Tetap, Komite Hak Asasi Manusia Anggota Parlemen dan Masalah Timur Tengah, serta Forum Anggota Parlemen Perempuan dan Forum Anggota Parlemen Muda akan bertemu pada kesempatan ini.

Adapun Sidang Umum IPU ke-148 mengambil tema ‘Diplomasi Parlemen: Membangun Jembatan untuk Perdamaian dan Pemahaman’. Sidang IPU menyediakan platform bagi para anggota parlemen dunia untuk mempertimbangkan, bertukar pandangan dan menggalang tindakan terkait denga tema umum sidang.

“Parlemen harus memperkuat upaya kolektif untuk memastikan bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang mereka, hidup dalam damai,” kata Puan, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Ini Alasan Polisi Ciduk 16 Orang Terkait Demo Tolak Pemilu Curang di KPU dan DPR

Tema perdamaian sendiri diambil IPU mengingat ada 56 negara yang mengalami konflik bersenjata pada tahun 2023, termasuk Rusia-Ukraina dan Israel-Palestina. Menurut Puan, Majelis IPU akan menyediakan ruang yang sangat dibutuhkan untuk dialog dan diplomasi parlemen di tingkat global, regional dan bilateral sebagai pelengkap PBB dan forum multilateral lainnya.

“Di masa yang penuh tantangan ini, anggota parlemen harus berperan dalam menciptakan perdamaian,” tegas cucu Bung Karno tersebut.

Selain mengikuti general debate IPU ke-148, Puan juga akan menghadiri agenda Forum of Women Parliamentarians atau forum anggota parlemen perempuan IPU. Dalam forum ini, para anggota turut membahas isu perdamaian untuk perempuan.

“Sebagai parlemen, adalah tugas kita untuk memastikan bahwa perempuan ikut serta dalam perundingan perdamaian,” ujar Puan.

“Anggota parlemen perempuan harus bekerja sama untuk mendorong kepemimpinan perempuan dalam mencapai perdamaian yang kekal,” lanjut Ketua Sidang Umum IPU ke-144 itu.

Baca Juga: Pembiayaan Program Kampanye Presiden Terpilih Jadi Bahan dalam Penyusunan APBN 2025

Di sela-sela Sidang Umum IPU ke-148, Puan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden IPU, Tulia Ackson. Puan dan delegasi DPR RI juga akan menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Watapri PTRI (Perutusan Tetap Republik Indonesia) Jenewa.

Dalam kunjungan kerja di Swiss, Puan didampingi oleh Wakil Ketua BKSAP DPR RI Gilang Dhiela Fararez, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, dan Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI