DPR Setujui Kerja Sama Pertahanan RI-Thailand

Fabiola Febrinastri
DPR Setujui Kerja Sama Pertahanan RI-Thailand
DPR menyetujui kerja sama pertahanan RI-Thailand. (Sumber: Istimewa)

Pemerintah pun memandang penting kerja sama ini.

Suara.com - Rapat Paripurna DPR RI menyetujui RUU Kerja Sama Pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Thailand. DPR dan pemerintah sudah membahas kerja sama pertahanan ini sejak Maret 2018.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Asril Hamzah Tanjung, saat membacakan laporannya di hadapan rapat paripurna menyampaikan, untuk membahas RUU ini, Komisi I sudah mengundang para pakar untuk memberi masukan atas pentingnya kerja sama pertahanan ini. Pemerintah pun memandang penting kerja sama ini.

“Pembahasan pembicaraan tingkat I tersebut berlangsung secara kritis, mendalam, dan terbuka. Akhirnya, fraksi-fraksi di Komisi I DPR RI dan pemerintah menyetujui RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Thailand tentang kerja sama di bidang pertahanan untuk dibahas dalam pembicaraan tingkat II,” kata Asril.

Setelah pembicaraan tingkat II, diharapkan rapat paripurna mengesahkan RUU ini menjadi UU. Seperti diketahui, kerja sama pertahanan kedua negara sudah ditandatangani pada 21 Mei 2015 di Jakarta.

“Dengan disahkannya persetujuan ini menjadi undang-undang, kami berharap keinginan kita untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara serta membangun kehidupan berbangsa, bernegara, dan berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dunia dapat terealisasi,” jelas politisi Partai Gerindra.

Kerja sama pertahanan ini, sambung Asril, diharapkan mampu menjaga hubungan baik kedua negara dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di kedua negara. Dalam memori kerja sama itu disebutkan bahwa kerja sama pertahanan ini akan berdampak pada hubungan saling menguntungkan bagi pertahanan RI dan Thailand.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI