DPR Now! Diharapkan Jadi Akses Masyarakat Dapat Informasi

Fabiola Febrinastri
DPR Now! Diharapkan Jadi Akses Masyarakat Dapat Informasi
"Sosialisasi dan Workshop Aplikasi DPR Now!", di Jakarta, Selasa (23/10/2018). (Dok: DPR)

Saat ini dunia menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

Suara.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, menegaskan, aplikasi DPR Now! tidak hanya berfungsi sebagai sarana dalam mendiseminasikan informasi kinerja DPR kepada masyarakat, tapi juga sebagai sarana komunikasi yang mampu menghubungkan rakyat dengan wakilnya. Fasilitas ini  juga mampu menghubungkan para stakeholders terkait, termasuk di dalamnya mitra kerja DPR dari jajaran eksekutif, dalam merumuskan solusi atas persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Aplikasi DPR Now! menjadi akses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan memantau kegiatan, kinerja dan capaian DPR dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dan pengaduannya, serta memperoleh kepastian transparansi penanganan pengaduan yang mereka ajukan, termasuk proses penyelesaian yang melibatkan kementerian/lembaga atau institusi lain," ujar Bamsoet, dalam "Sosialisasi dan Workshop Aplikasi DPR Now!", di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Hadir dalam acara ini, antara lain, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Agus Hermanto, anggota Fraksi Partai Golkar DPR, Mukhammad Misbakhun, co-founder DPR Now!, Sebastian Salang, Ketua Umum Bakohumas, Rosarita Niken Widiastuti, Sekjen DPR, Indra Iskandar, dan jajaran dan praktisi Humas dari berbagai kementerian dan lembaga.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini mengingatkan, saat ini dunia menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Teknologi informasi kian memiliki penetrasi yang mendalam terhadap keseharian masyarakat.

Baca Juga: Bamsoet: Sistem Politik di Indonesia Miliki Kekhasan

Informasi menyebar kian pesat dan hoaks menjadi tantangan yang harus diwaspadai dengan penuh kesigapan.

"Melalui aplikasi DPR Now!, DPR mampu menyediakan sumber informasi utama yang dapat dijadikan acuan bagi masyarakat. Bukan hanya menyangkut kinerja DPR secara khusus, tapi juga menyangkut kinerja para penyelenggara pemerintahan lainnya dalam kaitan mitra kerja dengan DPR," katanya.

Wakil Ketua Umum KADIN ini menuturkan, penggunaan aplikasi DPR Now! merupakan salah satu langkah yang dilakukan DPR dalam mewujudkan parlemen terbuka (open parliament), yang di dalamnya terdapat beberapa indikator, yaitu keterbukaan, pemanfaatan teknologi informasi dan fungsi representasi.

Penerapan open parliament menjadi cerminan keseriusan Indonesia di mata dunia dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis.

"Dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia, transparansi sebuah keniscayaan. Berjalannya roda pemerintahan harus senantiasa dapat dipantau dan diketahui oleh rakyat, sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Transparansi bukan hanya menutup potensi terjadinya abuse of power, melainkan juga membuka ruang partisipasi bagi masyarakat untuk menjadi warga negara yang aktif. Atas dasar itulah DPR Now! diluncurkan," terang Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini berharap, kementerian/lembaga sebagai mitra kerja DPR juga dapat memanfaatkan aplikasi DPR Now!. Setiap kementerian/lembaga bisa menempatkan orang secara khusus untuk mengikuti perkembangan pengaduan di DPR Now!, sebab setiap pengaduan telah di-cluster sesuai mitra DPR di setiap kementrian/lembaga.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI