DPR Dukung Program Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Nasional

Pebriansyah Ariefana | Muhammad Yasir
DPR Dukung Program Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Nasional
Presiden Joko Widodo menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang terlibat proses produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

Harus adanya inovasi untuk meningkatkan efesiensi energi dan konservasi energi di sektor transportasi.

Suara.com - DPR mendukung program kendaraan bermotor listrik nasional. Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menilai program kendaraan bermotor listrik nasional dapat membantu dalam rangka pengurangan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pengembangan kendaraan bermotor listrik juga dipandang mampu mengurangi pencemaran udara yang selama ini banyak disebabkan oleh emisi yang dikeluarkan kendaraan berenergi fosil. Agus menuturkan DPR RI telah mempelajari dan menyadari bahwasanya harus adanya inovasi untuk meningkatkan efesiensi energi dan konservasi energi di sektor transportasi.

“Kita masih kurang antara produksi dan konsumsi BBM. Kekurangan ini harus ditutupi pemerinta,” kata Agus dalam rapat koordinasi terkait 'Pengembangan Idustri Kendaraan Bermotor Listrik Nasional' di Ruang Longue, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Untuk itu, Agus menilai inovasi program kendaraan motor listrik merupakan solusi untuk mewujudkan kemandirian energi dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Baca Juga: DPR - Kemenko Kemaritiman Rakor Pengembangan Motor Listrik Nasional

"Untuk memenuhi kemandirian energi kualitas udara yg bersih dan ramah lingkungan DPR RI melihat inovasi progaram kendaraan motor listrik yang bergandengan dengan program percepatan energi baru terbarukan merupakan solusi untuk mewujudkan kemandirian energi dan lingkungan yang bersih," imbuhnya.

Untuk diketahui, DPR RI menggelar rapat koordinasi membahas 'Pengembangan Idustri Kendaraan Bermotor Listrik Nasional dengan perwakilan pemerintah. Dalam rapat tersebut turur hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan sejumlah perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Penindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian Ristekdikti serta rektor dari beberpa perguruan tinggi negeri Indonesia.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI