Deklarasikan Keterbukaan Parlemen, WFD Apresiasi Langkah DPR

MN Yunita
Deklarasikan Keterbukaan Parlemen, WFD Apresiasi Langkah DPR
Perwakilan WFD Indonesia Agus Wijayanto. (Dok:DPR)

Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang mendeklarasikannya.

Suara.com - Westminster Foundation for Democracy (WFD) mengapresiasi langkah DPR RI yang sudah merilis program Open Parliament yang berisi keterbukaan dan akses publik terhadap parlemen. Dengan program ini diharapkan kinerja DPR semakin meningkat. Indonesia pun menjadi negara pertama di ASEAN yang mendeklarasikannya.

Apresiasi ini diungkapkan oleh perwakilan WFD Indonesia, Agus Wijayanto usai menjadi narasumber dalam workshop bertajuk Peningkatan Akuntabilitas DPR RI Melalui Implementasi Keterbukaan Parlemen, di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (26/1/2019). “Inisiasi DPR dalam menjalankan open parliament merupakan langkah yang sangat positif dan harus diapresiasi,” kata Agus.

Ia menilai, langkah DPR dengan program ini sangat luar biasa. Bahkan, DPR langsung menyusun lima rencana aksi sebagai implementasi untuk menyukseskan open parliament. Langkah ini sudah dimulai Agustus 2018 lalu. Bahkan pada 2011, lanjut Agus, pemerintah Indonesia juga sudah merilis open goverment dan menjadi salah satu dari delapan negara yang memulai langkah keterbukaan. 

“WFD sebagai lembaga yang mendukung kerja sama parlemen di berbagai negara menganggap ini sebagai langkah yang baik dan berkomitmen untuk membantu DPR berjejaring dengan parlemen lain yang juga melaksanakan open parliament. Secara regional kita bisa menjadi lead atau contoh bagi parlemen ASEAN,” aku Agus.

Baca Juga: Jaga Perairan Indonesia, DPR Dukung Penguatan Alutsista TNI-AL

Sementara lima rencana aksi DPR yang mendapat apresiasi WFD adalah pertama, peningkatan kualitas tata kelola data dan pelayanan informasi legislasi. Kedua, peningkatan penggunaan teknologi informasi parlemen,  ketiga, penguatan keterbukaan informasi publik DPR. Selanjutnya, penyusunan peta jalan Open Parliament Indonesia dan kelima adalah penyusunan kelembagaan Open Parliament Indonesia


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI