DPR Terima Parlemen Jerman, Jajaki Kerja Sama dengan ASEAN

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
DPR Terima Parlemen Jerman, Jajaki Kerja Sama dengan ASEAN
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari (Dok: DPR)

Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi para pengusaha Jerman.

Suara.com - Komisi I DPR RI menerima kunjungan Parlemen Republik Federal Jerman dalam rangka membahas kemungkinan penjajakan kerja sama multilateral dengan negara-negara di ASEAN. Komisi I DPR RI kemudian mendorong Jerman untuk memperkuat kerja sama antara Jerman dengan ASEAN, karena banyak keuntungan yang dapat diraih dari berbagai sektor.

Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mengungkapkan pentingnya hubungan antar negara di tengah kerumitan dunia Internasional, dengan bergulirnya perang dagang dari berbagai sektor yang didominasi Cina dan Amerika Serikat, bahkan termasuk adanya sisi Rusia.

“Semestinya tidak boleh ada kekuatan seperti ini, tapi harus dibangun secara multilateral diantara berbagai negara,” ujar Kharis, usai pertemuan dengan pimpinan dan anggota Parlemen Republik Federal Jerman di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, Komisi I DPR  juga meyakinkan Jerman agar melakukan investasi di Indonesia. Menurutnya, saat ini Indonesia dalam keadaan stabil. Selain itu, Indonesia juga pasar yang sangat potensial bagi para pengusaha Jerman untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

Baca Juga: DPR Tengah Godok RUU Energi Baru dan Terbarukan

“Kami menginginkan Parlemen Jerman dapat meyakinkan investor dalam negeri Jerman, bahwa Indonesia stabil. Indonesia adalah tempat yang sangat potensial untuk Jerman melakukan investasi. Hal ini disambut dengan baik dan kemungkinan untuk dibangunnya kerja sama antara chamber of commerce atau KADIN kedua negara,” ujar Kharis.

Kunjungan Parlemen Republik Federal Jerman dalam rangka kunjungan balasan dari Parlemen Indonesia sebelumnya ke negara mereka. Pertemuan ini dihadiri oleh enam anggota Parlemen, Parlemen Jerman juga didampingi oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia. Selain melaksanakan pertemuan di ruang rapat, mereka juga menyempatkan berkeliling Gedung DPR.


Twitter Dpr

Parlementaria

Berita, fakta dan informasi mengenai seputar yang terjadi di DPR-RI